Just another free Blogger theme

"Ajar ilmu saking kamardikaning ati" di BLOGNYA Mas Tri Adi Susanto CGP 08

KEGIATAN PENDIDIKAN GURU PENGGERAK

  • Lokakarya
  • Pendampingan Individu

Sabtu, 29 Oktober 2022


PEMBELAJARAN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING dan MEMANFAATKAN FITUR DARI PORTAL RUMAH BELAJAR
(Rabu, 25 Oktober 2022)
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
TOPIK: DEBIT

KEGIATAN PENDAHULUAN:

Berisi kegiatan menyapa keadaan siswa, berdoa sebelum mulai pelajaran  apersepsi materi sebelumnya, Motivasi pembelajaran hari ini dengan menjelaskan Tujuan  RPP nya kurang lebih 2 menit.

Pada kegiatan pendahuluan ini siswa diajak menyanyikan lagu Pelajar Pancasila untuk menamkan nasionalisme dan memupuk karakter Profil Pelajar Pancasila.


KEGIATAN INTI:

Berisi kegiatan inti proses pembelajaran yang sesuai dengan strategi dengan model Discovery Learning.

Pada kegiatan awal di inti ini siswa diberi stimulan yaitu dengan mengajak siswa melakukan percobaan/eksperimen yang mengarah ke materi Debit.

Siswa diajak curah pendapat mengenai hal-hal-berikut: Apa ini, dan yang ini?... Dua plastik ini kita tusuk dengan pensil yang berbeda. Apa yang terjadi, mengapa tidak bocor? Ada yang tahu?

Guru memberikan penjelasan bahwa plastik mengandung zat polimer yaitu seperti benang yang kusut sehinga tidak ada celah di antara pensil dan plastik dan menyebabkan air tidak bocor atau merembes.

Siswa selanjutnya, bersama kelompok masing-masing.memperhatikanlah rumusan masalah berikut ini Setelah kita melakukan kegiatan tadi, coba kita lepas bersama, dan kita siapkan wadahnya. Jawablah pertanyaan berikut:

1. Apakah habisnya air dalam kedua plastik membutuhkan waktu yang sama? 

2. Mengapa tidak habis bersamaan?

3. Mana yang habis lebih dulu, mengapa?

Siswa menyampaikan jawaban sementara kalian (hipotesis) dari pertanyaan yang dikemukakan.

Dengan percobaan akhirnya terjawablah pertanyaan siswa.

Untuk selanjutnya masuk ke pelajaran inti, guru mengajak siswa membahas materi dengan memanfaatkan.

Untuk membuktikan dan mendukung jawaban kalian tepat atau tidak, marilah kita menyimak pada tayangan video pembelajaran dari Portal Rumah Belajar berikut ini di:

https://rest-app.belajar.kemdikbud.go.id/files/video/3122ac14b36044368abd14df7055818a.mp4

dan 

https://rest-app.belajar.kemdikbud.go.id/files/video/799abcd860b74574aaba38f1d38f7748.mp4

Guru mengulang menjelaskan materi dengan menuliskan rumus di papan tulis.


Siswa diajak untuk menyelesaikan latihan soal berikut:


Salah satu siswa diminta mengerjakan soal latihan di depan, guru memfasilitasi dan memberikan bimbingan.


Guru memberikan lembar kerja peserta didik untuk dikerjakan secara berkelompok. Hal ini untuk lebih memperdalam materi pelajaran.

No

Waktu

Debit

Volume

1.

5 detik

...

50 cm3

 

2.

...

800 liter/jam

4.800 liter

 

3.

10 detik

10 cc/detik

...

 


Selanjutnya siswa menyelesaikan lembar kerja dan guru membimbing untuk memberikan bimbingan jika ada yang belum memahami materi. Selanjutnya silakan secara bergantian mengerjakan lembar kerja di papan tulis (beberapa kelompok menyampaikan hasilnya di depan kelas).
Guru menyampaikan kepada siswa, bagaimanakah tanggapan mereka terhadap pekerjaan kelompok yang maju? Jika ada yang belum tepat, kelompok lain diminta untuk menangapi. Selanjutnya siswa diajak untuk kros cek jawaban kelompok yang maju. Guru mengajak semua memberi tepuk tangan bagi semua siswa yang telah berani maju.
Siswa diajak menyimpulkan apa saja yang telah pelajari hari ini.
  1. Yang pertama kita mengetahui bahwa debit merupakan banyaknya volume yang mengalir dalam satuan waktu. Jadi untuk mencari debit dengan rumus D=V/W
  2. Jika diketahui debit dan volumenya, untuk mencari waktu adalah W=V/D
  3. Untuk yang terakhir, jika diketahui debit dan waktunya, untuk mencari volume yaitu V=D x W

KEGIATAN PENUTUP:

Berisi kegiatan menutup pelajaran dengan merefleksi pembelajaran hari itu. Guru menembangkan sebut lagu atau tembah untuk mengajak bersyukur mengenai keadaan Jawa Tengah. 

Suka sukur, ing Jawi Tengah puniku

Keh papan wisata

Asri endah anglamlami

Waduk candi grojogan lan rawa alas.

Marilah kita bersyukur, di Jawa Tengah itu

Banyak tempat wisata

Asri, indah dan menakjubkan

Waduk, candi, air terjun dan rawa, serta hutan

Selanjutnya siswa mengerjakan tes formatif dengan memanfaatkan Googleform selama 10 menit secara bergantian dengan Chromebook.



Berbagi dan berkolaborasi sangat diperlukan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Dengan ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) semoga dapat saling membangun antarpenulis. Hubungi saya di:085225074625 trisusanto@guru.sd.belajar.id

2 komentar:

Profil

Foto saya
Grobogan, Jawa Tengah, Indonesia
Saya, Tri Adi Susanto adalah seorang Kepala Sekolah di SD Negeri 1 Mlowokarangtalun Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan