Ruang Kolaborasi Modul 3.3
Diskusi Kelompok
"Pendidikan itu tidak hanya di dalam kelas, bukan hanya guru, tetapi juga orangtua, dan bagaimana kita berinteraksi dengan masyarakat."
- Nadiem Makarim -
Durasi: 3 JP (135 Menit)
Moda: Kerja Kelompok
Tujuan Pembelajaran Khusus:
- Berdasarkan pemahaman mereka terhadap konsep kepemimpinan murid, CGP akan bekerja dalam kelompok membuat gambaran umum sebuah program/kegiatan sekolah yang mempromosikan suara, pilihan, kepemilikan murid.
- CGP mempresentasikan hasil kerja kelompoknya kepada kelompok lain dan saling memberikan umpan balik.
Pertanyaan Pemantik
- Pemahaman saya tentang konsep
kepemimpinan murid mana yang telah berubah?
- Bagaimana kolaborasi dapat membantu saya
memahami proses perencanaan program atau kegiatan yang menumbuhkan
kepemimpinan murid?
- Gagasan apa saja yang saya miliki untuk
menginisiasi program atau kegiatan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan
murid?
Ibu/Bapak,
kita telah memasuki tahapan pembelajaran yang ketiga. Kami berharap, Ibu/Bapak
sudah memiliki pemahaman yang semakin baik terkait dengan konsep kepemimpinan
murid. Di tahapan belajar yang keempat ini, Ibu/Bapak akan mulai menggunakan
pengetahuan dan pemahaman bapak Ibu tersebut untuk mencoba membayangkan sebuah
program atau kegiatan sekolah yang secara sengaja dirancang untuk mendorong
tumbuhnya kepemimpinan murid. Kami berharap Ibu/Bapak dapat terlibat secara
aktif dalam diskusi dengan rekan-rekan CGP yang lain dalam proses ini.
Untuk membantu Ibu/Bapak
dalam proses diskusi tersebut, kami akan coba jabarkan langkah-langkah yang
dapat Ibu/Bapak lakukan:
- Bekerjalah dalam kelompok diskusi yang
terdiri dari 4 – 5 peserta.
- Tentukan jenis kegiatan atau program
sekolah yang ingin dikembangkan, baik program atau kegiatan intra
kurikuler, ko-kurikuler, atau ekstra kurikuler.
- Tentukan jenjang kelas yang ingin menjadi
target.
- Lihatlah kembali 7 karakteristik
lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.
- Pilihlah minimal satu (walaupun Ibu
/Bapak juga boleh memilih lebih dari 1) karakteristik lingkungan yang
ingin Ibu/Bapak bangun. Misalnya: Saya ingin membangun lingkungan sekolah
yang mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara
positif, arif, dan bijaksana.
- Diskusikanlah bersama kelompok, kira-kira
program atau kegiatan apa yang bisa dibuat untuk mengembangkan
keterampilan berinteraksi secara positif, arif, dan bijaksana. Karena
tahapan ini masih dalam batas curah ide dan gagasan, jangan ragu-ragu
untuk menyampaikan gagasan yang Ibu/Bapak miliki. Jika bingung, Ibu/Bapak
juga bisa menggunakan program yang sudah berlangsung saat ini di sekolah,
yang menurut pendapat Ibu/Bapak dapat mengembangkan lingkungan belajar
yang diinginkan tersebut.
Sebagai contoh, kami
memiliki memiliki ide bahwa salah satu kegiatan atau program yang dapat
dilakukan untuk mengembangkan keterampilan berinteraksi secara positif,
arif, dan bijaksana adalah melalui program “Membaca untuk Adik Kelas.”
Sebagai contoh, kami memiliki ide bahwa salah satu
kegiatan atau program yang dapat dilakukan untuk mengembangkan
keterampilan berinteraksi secara positif, arif, dan bijaksana adalah
melalui program “Membaca untuk Adik Kelas.”
Setelah itu, tahap awal yang setiap kelompok perlu lakukan adalah
menjabarkan apa, bagaimana, dan mengapa program
itu dilakukan.
Apa (Tuliskan judul deskriptif
singkat untuk program/kegiatan kelompok Ibu/Bapak. Berikan ringkasan umum
program atau kegiatan Ibu/Bapak. Pastikan untuk menyertakan tujuan).
Misalnya:
- Program “Membaca untuk
Adik Kelas”.
-
Program “Membaca untuk Adik Kelas” ini adalah sebuah program ko-kurikuler yang
memiliki tujuan untuk mengembangkan kecintaan membaca dan menciptakan interaksi
yang positif antara murid-murid.
Bagaimana (Berikan ringkasan tentang bagaimana
program/kegiatan ini akan dijalankan)
- Kegiatan membaca ini akan dilakukan
pada jam istirahat atau jam-jam lain yang disepakati bersama dengan murid dan
guru.
- Program ini adalah program
terjadwal di mana setiap minggu sekali, setiap murid di kelas 4-6 akan secara
rutin membaca bersama dengan satu orang adik kelasnya (dari Kelas 1-3) selama
10 menit.
- Selain kakak kelas yang membacakan
buku kepada adiknya, kakak kelas juga akan mendapatkan (memanen) umpan balik
dari adik kelas yang dibacakan buku
Mengapa (jelaskan alasan mengapa kelompok Anda
memilih program ini):
Kegiatan ini akan menumbuhkembangkan lingkungan
belajar yang dapat menciptakan interaksi sosial yang positif, arif, dan
bijaksana karena:
- Memberikan kesempatan murid untuk semakin sering berinteraksi
dan membangun interaksi secara positif dengan adik kelas atau kakak kelas
mereka. Kakak kelas menjadi among bagi adik kelasnya. Adik kelas dapat belajar
sikap menghargai dan kakak kelas belajar mengayomi adik kelas sehingga
diharapkan tercipta interaksi sosial yang positif.
- Selain
itu, lewat interaksi ini, murid juga akan belajar meningkatkan keterampilan
membaca mereka.
- Buatlah sebuah diagram Y. Tandai setiap bagian
dari diagram tersebut dengan: suara/pilihan/kepemilikan. Di setiap
bagiannya, silahkan tulis bagaimana strategi yang akan Ibu/Bapak pilih
untuk mendorong suara/pilihan/kepemilikan murid terkait dengan program
“Membaca untuk Adik Kelas” ini. Pastikan proses diskusi bersama
rekan-rekan CGP lainnya memberikan kesempatan bagi Ibu/Bapak untuk
mengeksplorasi berbagai cara atau kemungkinan untuk mendorong munculnya
suara/pilihan/kepemilikan murid.
- Setelah itu, deskripsikanlah program
“Membaca untuk Adik Kelas” secara singkat dengan jelas agar orang lain
dapat memahami program tersebut (sesuai dengan contoh yang diberikan pada
poin 6 di atas). Ibu/Bapak dapat membuat deskripsi ini dalam bentuk narasi/
ppt/paragraf atau bentuk lain yang diinginkan.
- Karena tahapan ini masih dalam bentuk
gagasan, Ibu/Bapak tidak perlu memikirkan aspek teknis pembuatan sebuah
program agar Bapak dan Ibu dapat lebih bebas, kreatif, dan inovatif dalam
menuangkan gagasan.
- Unggahlah hasil kerja kelompok Ibu/Bapak
di LMS dan kemudian presentasikanlah hasil kerja kelompok Anda
kepada kelompok lain.
- Jadwal presentasi akan ditentukan oleh
fasilitator.
- Pada saat kelompok lain melakukan
presentasi, Ibu/Bapak akan diminta untuk memberikan komentar atau saran
perbaikan kepada kelompok lain.
- Berikut ini adalah panduan yang dapat
digunakan untuk memberikan komentar atau saran terhadap presentasi
kelompok lain:
- Apa yang paling menarik dari presentasi yang
disampaikan oleh kelompok tersebut?
- Menurut Anda, apakah gagasan program yang
disampaikan dapat diimplementasikan?
- Menurut Anda, sudah maksimalkah rencana
keterlibatan murid dalam program tersebut? (kaitkan dengan materi
tentang suara, pilihan, dan kepemilikan murid yang telah dipelajari
sebelumnya)
- Berikan ide/saran yang
dapat membantu pelaksanaan gagasan program kelompok tersebut (menjadi
lebih baik).
Ruang Kolaborasi Sesi-1
Jumat, 13 Oktober 2023
Kelas A : 12.45 - 15.00 WIB
Kelas B : 15.30 - 17.45 WIB
Jawaban pertanyaan pemantik:
1. Perubahan mengenai kepemimpinan murid saat ini bahwa murid mampu mengambil
kepemilikan dan tanggung jawab atas proses pembelajaran mereka sendiri, murid
memiliki suara dan pilihan atas apa yang akan mereka pelajari, bagaimana mereka
belajar dan mengelola pembelajaran mereka. Jadi perubahan ini menjadikan guru
sebagai fasilitator sehingga tidak selalu tergantung pada guru dalam menentukan
tugas tanggung jawab mereka. Selain itu, murid dapat memilih arah atau cara dalam
mencapai tujuan pembelajaran yang mereka harapkan.
2. Melalui kolaborasi, kita dapat memperoleh berbagai
perspektif dan ide dari berbagai pihak yang terlibat, seperti guru, siswa,
orang tua, dan masyarakat sekitar sehingga kita dapat memperoleh pemahaman yang
lebih komprehensif tentang kebutuhan siswa dan lingkungan sekitar.
3. Pertama, membuat lingkungan yang mendukung pelaksanaan
program. Kedua, mengoptimalkan partisipasi murid. Ketiga, berusaha melibatkan
berbagai pihak dalam perencanaan program.
Program dari Kelompok 2, sebagai berikut:
Tembang dan Dolanan
KEBANAN
(AKRONIM dari KEMIS TEMBANG LAN DOLANAN)
Apa itu program
Tembang dan Dolanan?
“Program Tembang
dan Dolanan merupakan program kokurikuler yang dilaksanakan di TK Negeri
Pembina Kabupaten yang mengembangkan potensi yang dimiliki murid dalam bidang Seni
Sastra Jawa”
Tujuan :
1.
Untuk melestarikan (menguri-uri) budaya jawa
2.
Menanamkan KSE
3.
Memupuk karakter kebhinekaan global
Jenjang : PAUD (TK)
Waktu Pelaksanaan : Hari Kamis (Rutin setiap minggu) Pukul
10.00 s.d. 11.00
Unsur terlibat : Guru sendiri, guru sastra jawa dan
murid
Aset : Internet, Google TV, Peralatan Musik
dan Properti
Penanggung jawab : Guru sendiri dan KS
Keterlibatan Murid:
A.
Suara:
·
Membangun budaya saling mendengarkan
·
Membangun kepercayaan diri murid bahwa setiap suara berharga dan layak di
dengar
·
Memberikan kesempatan pada murid untuk bertanya dan memberikan pendapat
untuk berdiskusi
·
Membuat jadwal rutinitas Bersama murid
·
Memberikan kesempatan murid untuk mengambil peran sesuai bakat minat dan
potensi mereka.
B.
Pilihan (Choice):
·
Membuka cakrawala murid bahwa ada berbagai pilihan atau alternatif yang
dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum menentukan sebuah keputusan
·
Memberikan kesempatan pada murid untuk memilih peran yang dapat mereka
ambil dalam kegiatan nembang dan dolanan
·
Memberikan kesempatan pada murid untuk mengelola pengaturan kegiatan
nembang dan dolanan
·
Menampilkan hasil kreativitas murid dalam kegiatan pentas seni dan puncak
tema setiap 3 bulan sekali
·
Meminta pendapat murid jika ketika akan mengadakan kegiatan tembang dan
dolanan
· Memposting hasil kreativitas siswa di media sosial (Instragram, Youtube, dll) dengan seijin murid sebagai bagian dari menghormati dan menghargai kepemilikan murid.
https://jamboard.google.com/d/19JG6Xpe2F9nf0A7GvNAgCunUaW4C5_Lj-TZQulQbhYE/viewer?pli=1
0 comments:
Posting Komentar