Ruang Kolaborasi - Modul 2.2
Hanya sedikit pekerjaan yang bisa dilakukan sendirian. Namun bersama-sama kita bisa kerjakan banyak hal
(Hellen Keller)
Durasi: 3 JP
Moda: Diskusi Daring Sinkron
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP berkolaborasi dengan rekan CGP lain untuk mendiskusikan ide-ide penerapan pembelajaran 5 KSE bagi murid dan rekan-rekan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) di sekolah Anda.
Silahkan diskusikan dengan kelompok Anda dalam pertemuan di Ruang
Kolaborasi yang pertama. Hasil kolaborasi tersebut akan dipresentasikan di
pertemuan kedua.
Pertanyaan pemantik untuk pembelajaran ruang kolaborasi:
- Apakah
kekuatan Anda dalam bekerja sama dengan orang lain? Bagaimana Anda
mengelola kekuatan tersebut untuk dapat bersinergi dengan CGP lain?
- Apakah
kemampuan kerja sama yang ingin Anda tingkatkan dalam diri Anda?
- Apakah
ide pembelajaran 5 KSE yang dapat Anda terapkan di kelas dan sekolah
Anda?
Jawaban:
1. Kekuatan
bekerjasama dengan orang lain yaitu mampu membangun hubungan interaksi atau
keterampilan relasi. Dalam mengelola kekuatan tersebut, saya selalu
mengedepankan untuk tidak melulu memaksakan pendapat atau kehendak pribadi
kepada orang lain melainkan membangun titik temu dengan orang lain mengenai
pendapat atau gagasan kita.
2. Kemampuan kerjasama
yang ingin saya tingkatkan yaitu mengenai pengambilan keputusan yang
bertanggung jawab sehingga dapat menentukan hasil yang positif bagi semua
pihak.
3. Ide KSE yang dapat
saya terapkan misalnya melalui Penciptaan Iklim Kelas dan Budaya Sekolah, yang
mana melalui pembiasaan melaksanakan 5K.
Setelah mempelajari 5 Kompetensi Sosial-Emosional (KSE), CGP berkolaborasi untuk menguraikan implementasi/penerapan pembelajaran 5 kompetensi sosial-emosional untuk murid sesuai dengan kelompok jenjang pendidikan masing-masing yang sudah pernah diterapkan (Kelompok A = Paud – SD Kelas 2; B = SD Kelas 3 – 6; C = SMP Kelas 7 - 9, D = SMA Kelas 10 - 12).
CGP bekerja dalam kelompok bersama guru-guru dari kelompok jenjang pendidikan yang sama. Pada forum ini, CGP saling berbagai ide, mendengarkan ide rekan CGP lain, bertanya, mengklarifikasi pemahaman ataupun miskonsepsi yang mungkin masih ada. Selanjutnya, CGP mempresentasikan hasil kolaborasi dalam kelompok tersebut dalam kelompok besar untuk saling belajar, berbagi, dan menguatkan .
Tugas 3.1:
- Diskusikan dan susunlah 5 ide penerapan 5 KSE sesuai dengan karakteristik jenjang pendidikan yang Anda ampu dan tuliskan dalam tabel 3.1. Anda dapat menggunakan prinsip ATM (amati - tiru dan modifikasi) dari berbagai ide yang sudah Anda pelajari dalam modul maupun sumber lainnya sebagai referensi.
- Susunlah 2 (dua) ide penguatan pembelajaran 5 KSE untuk PTK
- Angga Mundi Nugroho
- Bambang Triyanto
- Dwi Widiyono
- Lidia Murtiningsih
- Tri Adi Susanto
- Tri Wahyuningsih
KSE yang dikembangkan |
Bentuk Implementasi (Pengajaran
Eksplisit/Integrasi Praktek Mengajar Guru dan Kurikulum Akademik/Penciptaan
Iklim Kelas dan Budaya Sekolah ) |
Skenario Penerapan |
|
Deskripsi
Kegiatan Pembelajaran (apa
yang dilakukan dan dikatakan guru) |
Deskripsi
tambahan: Siapa yang terlibat, di
mana, waktu dan durasi, dan
kebutuhan/perlengkapan |
||
Kesadaran
Diri |
Integrasi
Praktek Mengajar Bernafas dengan kesadaran penuh. Meminta murid
untuk berhenti melakukan kegiatan apapun dan menarik nafas dalam-dalam dan
kemudian melepaskannya perlahan-lahan. Lakukan sebanyak 10 kali |
Guru
meminta murid merasakan pada tubuh, pikiran, dan perasaan mereka setelah
melakukan kegiatan tersebut |
Yang terlibat semua warga
sekolah. Tempat
dilaksanakan di
sekolah Waktu 10-15 menit Perlengkapan: RPP, Perangkat
audio |
Integrasi
Praktek Mengajar |
Menyambut dengan perkataan yang hangat kepada anak-anak saat masuk
kelas/sekolah |
Yang terlibat Guru dan Siswa Tempat di kelas Waktu 10-15 Menit Kebutuhan/perlengkapan:RPP |
|
Manajemen Diri |
Integrasi
Praktek Mengajar Dalam pembelajaran
kooperatif, murid saling membantu temannya dalam memahami pelajaran, bila ada
teman yang belum mengerti bisa dibantu dengan tutor sebaya. |
Guru membentuk kelompok belajar siswa sesuai
kebutuhannya. |
Yang terlibat Guru dan Siswa Tempat di kelas Waktu 15-30 Menit Kebutuhan/perlengkapan:RPP |
Kesadaran
Sosial |
Iklim
Kelas dan Budaya Sekolah RUTIN (waktu khusus di luar
kegiatan akademik) |
Teknik: Peduli bulan dana PMI dan bulan
dana Pramuka Penjelasan tentang apa yang dilakukan
guru: Guru meminta murid untuk
mengumpulkan sumbangan seikhlas mungkin untuk membantu teman yang tidak
mampu. Penjelasan tentang
apa yang dikatakan pada
murid: Murid
mengumpulkan sumbangan melalui ketua
kelas/wali kelas. Penjelasan tentang
tujuan : Untuk melatih dan
memumbuh kembangkan kompetensi kesadaran sosial (empati) bagi warga sekolah. |
Yang terlibat semua warga
sekolah. Tempat
dilaksanakan di
sekolah Waktu 2 hari Perlengkapan: Buku catatan
kegiatan |
Keterampilan Relasi |
Terintegrasi
dalam mata pelajaran |
Teknik: pembelajaran kooperatif Penjelasan tentang
apa yang dilakukan guru: guru membuat kelompok belajar siswa sesuai
kebutuhannya. Penjelasan tentang
apa yang dikatakan pada murid: murid saling membantu temannya dalam
memahami pelajaran, bila
ada teman yang belum
mengerti bisa dibantu dengan
tutor sebaya. Penjelasan tentang
tujuan : murid
dapat menumbuhkan rasa empati antara satu
murid dengan murid yang lain. |
Guru dan Siswa Tempat di kelas Waktu 15-30 Menit Kebutuhan/perlengkapan:RPP, LKPD,
Nama-nama kelompok |
Pengambilan Keputusan yang Bertanggung
Jawab |
Iklim
Kelas dan Budaya Sekolah Pendekatan personal, jika ada murid yang melanggar keyakinan kelas guru memanggil siswa
tersebut ke ruang BP/ke kantor diluar jam pelajaran untuk melakukan pendekatan
personal. |
Setelah
bertemu, guru bertanya alasannya dan mencoba memahami serta memberikan
solusi, guru juga memberikan nasihat, motivasi, dan konsekuensi agar tidak mengulangi
lagi. Membiasakan
siswa menerima konsekuensi dan bertanggung jawab dan membangun motivasi agar
lebih baik lagi. |
Kepala Sekolah, Guru dan Siswa Tempat di kelas Waktu 30-60 Menit Kebutuhan/perlengkapan: Catatan
permasalahan siswa, Buku bimbingan dan penyuluhan) |
Bentuk Penguatan (Menjadi
Teladan, Belajar atau Berkolaborasi) |
KSE
yang akan dikembangkan |
Skenario
Penerapan |
|
Deskripsi
Kegiatan Penguatan |
Deskripsi
tambahan: siapa yang terlibat, di mana, waktu dan durasi, dan kebutuhan/perlengkapan |
||
Murid
mengumpulkan sumbangan melalui ketua kelas (BERKOLABORASI) |
Kesadaran Sosial- keterampilan
berempati |
Peduli
bulan dana PMI dan bulan dana Pramuka Guru dan murid mengumpulkan sumbangan
seikhlasnya untuk bulan dana PMI dan bulan dana Pramuka |
Yang terlibat
semua warga sekolah. Tempat
dilaksanakan di sekolah Waktu : 2 hari Perlengkapan: Catatan
kegiatan |
5 S : Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun (MENJADI TELADAN) |
Keterampilan berhubungan sosial/relasi |
Guru
menyapa murid dengan ucapan salam dengan ramah dan sopan untuk menimbulkan budaya
positif sekolah. Tindakannya yaitu guru menunggu Murid di depan pintu
gerbang sekolah dengan mengucapkan salam, tersenyum dan menyapa murid dengan
ramah |
Yang terlibat
semua warga sekolah. Tempat
dilaksanakan di sekolah Waktu : 15 menit setiap hari (sebelum masuk sekolah) Perlengkapan: Jadwal rutin
piket guru menyambut murid |
Berpakaian rapi (MENJADI TELADAN) |
Kesadaran
diri |
Guru selalu berpakaian rapi dengan atribut lengkap,
berpenampilan menarik dan sopan. |
Yang terlibat
semua warga sekolah. Tempat
dilaksanakan di sekolah Waktu : setiap hari Perlengkapan: pakaian
seragam dan atribut lengkap |
0 comments:
Posting Komentar