Just another free Blogger theme

"Ajar ilmu saking kamardikaning ati" di BLOGNYA Mas Tri Adi Susanto CGP 08

KEGIATAN PENDIDIKAN GURU PENGGERAK

  • Lokakarya
  • Pendampingan Individu

 3.1.a.8. Koneksi Antarmateri - Modul 3.1

Waktu: 2 JP 
Moda:  Asinkronous 

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

  1. CGP membuat kesimpulan (sintesis) dari keseluruhan materi yang didapat, dengan beraneka cara dan media.
  2. CGP dapat melakukan refleksi bersama fasilitator untuk mengambil makna dari pengalaman belajar dan mengadakan metakognisi terhadap proses pengambilan keputusan yang telah mereka lalui dan menggunakan pemahaman barunya untuk memperbaiki proses pengambilan keputusan yang dilakukannya.

Kegiatan Pemantik Koneksi Antarmateri - Modul 3.1

Respondent: TRI ADI SUSANTO Submitted on: Tuesday, 19 September 2023, 7:22 PM

Elaborasi Pemahaman

Question #1

1

Response is required
Response is required

Kaitan dengan proses pembelajaran mengenai dilema etika tersebut yaitu adalah kita belajar apa pun itu baik, tetapi akan lebih baik apabila kita mempelajari hal yang bermanfaat untuk kita yang mampu menumbuhkan potensi yang kita miliki. Ke depannya ilmu yang kita miliki bisa bermanfaat juga untuk orang lain. Seperti pada saat ini, saya mengikuti Pendidikan Guru Penggerak yang bertujuan meningkatkan nilai dan peran saya sebagai guru yang pada akhirnya bisa mewujudkan pembelajaran yang berpihak kepada siswa.Dalam proses pendidikan guru penggerak, banyak ilmu yang sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru dan pada akhirnya akan sangat bermanfaat untuk mewujudkan pembelajaran yang berpihak kepada murid. 

Question #2

2

Response is required
Response is required

Untuk berbagai nilai dan prinsip yang kita anut pastilah dipilih dari nilai-nilai kebajikan. Sebagai contoh,  kita memegang teguh nilai kejujuran, integritas, dan tanggung jawab, maka ketika menghadapi berbagai masalah, kita dapat berpedoman pada nilai-nilai tersebut sebagai dasar pengambilan keputusan. Apabila keputusan yang dihasilkan bertentangan dengan nilai-nilai tersebut, naluri atau insting kita akan menolak, bergejolak, serta menimbulkan rasa tidak nyaman atau tidak tenang. 

Question #3

3

Response is required
Response is required

Sebagai pemimpin pembelajaran tentunya punya wewenang dalam menciptakan pembelajaran berkualitas yang berpihak kepada siswa. Dengan pengetahuan dan pemahaman saya, serta pengalaman mengikuti Pendidikan Guru Penggerak bisa berkontribusi terhadap terciptanya pembelajaran yang berpihak kepada murid. 

Question #4

4

Response is required
Response is required

Dalam modul ini dipelajari bagaimana seorang pemimpin dalam mengambil suatu keputusan. Apabila hal tersebut dikaitkan dengan kutipan “pendidikan adalah sebuah seni untuk membuat manusia menjadi berperilaku etis” maka pengambilan keputusan juga adalah bagian dari pendidikan yang memiliki tujuan memaksimalkan potensi murid dan utamanya adalah membangun karakter mereka secara positif (berperilaku etis).

Berikut ini rangkuman saya mengenai modul 3.1. yaitu materi  Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin dengan 4 paradigma, 3 prinsip dan 9 langkah tentunya dapat mengatasi dilema etika yang sering kali mewarnai kehidupan sosial kita. 

Silakan rekan-rekan, Klik link berikut:   

Rangkuman Koneksi antar Materi Modul 3.1

&

0 comments:

Posting Komentar

Profil

Foto saya
Grobogan, Jawa Tengah, Indonesia
Saya, Tri Adi Susanto adalah seorang Kepala Sekolah di SD Negeri 1 Mlowokarangtalun Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan