Ruang Kolaborasi Sesi 1 - Modul 2.1DISKUSI
Rabu, 26 Juli 2023
Ruang Kolaborasi Modul 2.1 (Pembelajaran Untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid)
Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat melakukan refleksi
kolaboratif untuk menganalisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi.
Dengan tetap mengacu pada tujuan pembelajaran, CGP diharapkan untuk:
- memvariasikan
materi berdasarkan kebutuhan belajar murid saya?
- memvariasikan
struktur, tingkat dukungan, dan tingkat kemandirian saat murid
menyelesaikan tugas dan membuat produk hasil pembelajaran?
- memvariasikan
kompleksitas atau tingkat kesulitan tugas untuk mengakomodasi murid dengan
berbagai tingkat kesiapan di kelas?
- memvariasikan sifat produk hasil belajar
agar murid dapat menyesuaikannya dengan minat mereka? Bagaimana kita bisa
memberikan murid kesempatan untuk memilih bentuk ekspresi yang disukai
atau yang sesuai gaya belajar mereka?
Dalam sesi pembelajaran ini, CGP akan kembali
mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi, namun kali ini bentuknya akan sedikit
berbeda, karena CGP tidak hanya akan berdiskusi dengan fasilitator, melainkan
dengan sesama CGP. Ya, sesi kali ini disebut dengan Ruang Kolaborasi.
CGP akan mencoba berkolaborasi untuk mendapatkan pemahaman yang
lebih dalam tentang pembelajaran berdiferensiasi.
Penentuan kelompok ditentukan menurut jenjang. Adapun kali ini tergabung dalam kelompok 3 dengan anggota:
- Angga Mundi Nugroho
- Bambang Triyanto
- Dwi Widiyono
- Lidia Murtiningsih
- Tri Adi Susanto
- Tri Wahyuningsih
Situasi 2 - SD
CGP bersama rekan kelompok menganalisis skenario pembelajaran yang mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi yang beragam seperti situasi 2 tersebut. SKelompok 3 menganalisis skenario pembelajaran berdiferensiasi dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pemandu berikut ini:
- Dari skenario pembelajaran yang telah ditelaah, apakah kebutuhan belajar murid yang berusaha dipenuhi oleh guru tersebut? Bagaimana cara guru tersebut menentukan kebutuhan belajar muridnya?
- Strategi pembelajaran berdiferensiasi apa yang digunakan?
- Bagaimana guru tersebut melakukan penilaian?
0 comments:
Posting Komentar