1.2.a.7. Elaborasi Pemahaman - Modul 1.2
Tujuan Pembelajaran
Khusus: CGP percaya diri
untuk mulai menumbuhkan nilai dan peran Guru Penggerak pada dirinya.
Dalam pembelajaran ini, Calon Guru Penggerak (CGP) akan mengelaborasi pemahaman mengenai Nilai dan Peran Guru Penggerak. Namun sebelum melakukan elaborasi pemahaman bersama instruktur, CGP diminta untuk menuangkan berbagai pertanyaan mengenai materi Nilai dan Peran Guru Penggerak yang masih ingin digali lebih lanjut pada aktivitas ini.
Bagaimanakan cara yang efektif dan konsisten untuk melaksanakan peran sebagai guru penggerak yang benar-benar memiliki nilai dan peran yang positif?
Dari beberapa pertanyaan reflektif diambil beberapa pembahasan sehingga akhirnya yang terpenting adalah adanya saling berbagi pengalaman mengenai berbagai hal yang terjadi selama proses PGP termasuk pengembangan rencana ke depan hasil dari PGP.
Kegiatan ini dilaksanakan secara daring bersama Instruktur Bapak Pangarso Yuliatmoko. Beliau juga merupakan Ketua Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini berlangsung selama 180 Menit dari pukul 13.00 s.d. 15.00WIB. Selama kegiatan ada interaksi timbal balik antara Instruktur dan CGP.
- Berpihak pada Murid
- Reflektif
- Inovatif
- Kolaboratif
- Mandiri
Refleksi 4-P:
PERISTIWA: Momen yang paling mencerahkan bagi saya pada sesi hari ini adalah ... *
Mendapat kata kata motivasi yang membangkitkan semangat untuk mengikuti PGP angkatan 8
PERASAAN: Pada momen tersebut saya merasa bagaikan ... *
Mendapat peringatan dan masukan agar berbenah dan mempersiapkan dengan lebih serius.
PEMBELAJARAN: Sebelumnya saya berpikir bahwa ... ternyata ... *
Beberapa hal sulit namun ternyata bila dijalani dengan ikhlas maka akan ada jalan keluar dan dapat dilalui
PENERAPAN KE DEPAN: Untuk menerapkan pemahaman saya hari ini, maka yang pertama kali akan saya lakukan adalah ... *
Merefleksi dan merencanakan dengan baik.
Demikian kegiatan elaborasi pemahaman.
0 comments:
Posting Komentar