3.2.a.5. Ruang Kolaborasi Modul 3.2 - Forum Diskusi 1
Rabu, 27
September 2023
Kelas A : 12.30 - 14.45 WIB
Kelas B : 15.15 - 17.30 WIB
Durasi
: 3 JP (135 menit)
Moda: Forum Diskusi 1
Tujuan
Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya di
daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif.
Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak,
Pada
sesi pembelajaran 3 kali ini, CGP masuk pada Ruang Kolaborasi. CGP diajak untuk
bekerja sama dengan peserta lainnya dalam menyelesaikan tugas kelompok
mengidentifikasi sumber daya.
- Buatlah kelompok yang terdiri atas 3-4
anggota. Masing-masing kelompok terdiri atas guru dengan jenjang yang
berbeda namun berasal dari daerah yang sama atau berdekatan. Tentukan
daerah sesuai dengan kondisi lingkungan yang serupa pada masing-masing peserta
CGP.
- Dari masing-masing sumber daya tersebut,
setiap kelompok akan membuat identifikasi aset/modal apa yang dimiliki
oleh daerahnya dan menuliskan apa atau bagaimana pemanfataannya.
- Membuat daftar cara mengelola sumber daya.
- Cara mengelola sumber daya dengan peran guru
masing-masing (Misal PAUD/TK, SD, SMP, SMA, SMK)
TAGIHAN: Hasil
pemetaan/identifikasi semua aset yang dimiliki daerahnya. Hasil
pemetaan/identifikasi bisa dalam bentuk poster, tabel, mind
map, dan lain-lain.
PERTANYAAN PEMATIK
Aktivitas apa saja yang sudah Saudara lakukan di Modul 3.2
sebelum sesi ruang kolaborasi ini?
Jelaskan materi-materi yang sudah Saudara pelajari pada Sesi
Eksplorasi Konsep.
Aktivitas yang sudah dilakukan sebelum ruang kolaborasi modul 3.2 yaitu:
1. Mengawali dengan pembelajaran pada alur mulai dari diri.
2. Mengeksplorasi berbagai konsep terkait modul 3.2 yaitu mengenai berbagai
aset biotik dan abiotik dan ekosistem dalam proses pendidikan di sekolah.
Belajar mengenai potensi sumber daya yang dimiliki lingkungan sekolah dan mengomunikasikan ide, pikiran dan gagasan dalam forum diskusi asinkronus bersama rekan CGP yang lain.
TABEL. PEMETAAN
IDENTIFIKASI ASET/MODAL
NO. |
ASET/MODAL |
UNSUR |
PEMBERDAYAANNYA |
1. |
Manusia |
Kepala
Sekolah Guru Staf (tenaga
kebersihan, tenaga keamanan, pustakawan) Murid Orang tua Komite
sekolah Pengawas |
§
Kualifikasi pendidikan memenuhi persyaratan §
Memenuhi kompetensi minimal §
Murid dioptimalkan sebagai pusat pendidikan
dan pembelajaran, diberdayakan potensinya. §
Komite dan orang tua terlibat dalam kebijakan
sekolah §
Memonitorin dan mensupervisi kegiatan di
sekolah |
2. |
Sosial |
Kelompok Kerja Guru Gugus Depan Usaha
Kesehatan Sekolah KKG PAI PAGORA PGRI Ranting KKKS |
§
Kepala sekolah terlibat aktif di organisasi
KKKS §
Para guru terlibat aktif di dalam Gugus Depan,
Usaha Kesehatan Sekolah, KKG PAI, PAGORA dan PGRI Ranting |
3. |
Politik |
Komunitas praktisi Pemerintah daerah DPR |
§ Membawa
aspirasi sekolah terkait sarpras, meminta bantuan, dll ke Komunitas praktisi,
Pemerintah daerah dan DPR |
4. |
Modal agama
dan budaya |
Toga (Tokoh agama/ulama) Lembaga keagamaan Ponpes Tradisi/adat istiadat Perayaan hari besar agama |
§
Kerja sama/MoU dengan berbagai Toga (Tokoh
agama/ulama), Lembaga keagamaan dan Ponpes §
Tetap menyelenggarakan berbagai kegiatan
tradisi/adat istiadat, perayaan hari besar agama, pesantren kilat) |
5. |
Fisik |
Bangunan/Gedung (Ruang Kelas, Ruang Perpustakaan, Ruang
KS/guru, Musholla, Toilet, Ruang UKS, Sanggar) Kantin Tempat parkir Taman (Area bermain) Lapangan upacara |
§
Berbagai bangunan dipastikan dapat berfungsi
dengan baik dan digunakan sebagaimana peruntukannya. §
Jika ada bangunan fisik dll yang rusak ringan
segera diperbaiki dan jika rusak sedang bahkan berat mengusulkan rehab lewat
bantuan DAK fisik. |
6. |
Modal
Lingkungan/ alam |
Udara bersih Air bersih Kolam ikan Tempat pembudidayaan Apotik hidup |
§
Kebersihan diperhatikan/dijaga §
Diberdayakan §
Dimanfaatkan dengan baik |
7. |
Finansial |
BOSP Reguler BOSP Kinerja Tabungan Hibah Infaq Koperasi (KSU) |
§
Diperhatikan DAPODIK nya agar BOSP dapat salur
sesuai kondisi. BOSP dibelanjakan sesuai RKAS dan penyusunannya memperhatikan
Rapor pendidikan. §
Memanfaatkan koperasi untuk menyediakan ATK
dan alat sekolah §
Tabungan diadakan untuk kegiatan karya wisata §
Infaq diaplikasikan lewat kegiatan berbagi
sembago bagi keluarga kurang berada. |
0 comments:
Posting Komentar