Just another free Blogger theme

"Ajar ilmu saking kamardikaning ati" di BLOGNYA Mas Tri Adi Susanto CGP 08

KEGIATAN PENDIDIKAN GURU PENGGERAK

  • Lokakarya
  • Pendampingan Individu

Sabtu, 07 Oktober 2023

 3.1.a.5.1 Ruang Kolaborasi Modul 3.1 - Forum PRESENTASI

Jumat, 15 September 2023

Durasi :  3 JP (135 menit)
Moda: Forum diskusi

Tujuan Pembelajaran Khusus:  CGP dapat berbagi, berkolaborasi dan menerapkan keterampilan pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan dan  pengujian keputusan.

Pada kegiatan ini, setiap kelompok melakukan:

  1. Menggunakan media video conference/zoom meeting, masing-masing kelompok akan menyajikan studi kasus pilihan mereka mengikuti persyaratan yang tertera pada rubrik penilaian yang ditunjukkan di atas.
  2. Setiap kelompok penyaji akan mendapatkan satu kelompok hadirin yang bertugas memberikan tanggapan atau masukan konstruktif atas presentasi kelompok penyaji. Tentunya setelahnya kelompok lain dipersilakan memberikan tanggapan mereka juga.

Kasus:

Di SD Negeri 4 Boloh ada salah seorang wali murid yang memintakan izin anaknya bernama Denis untuk diajak mudik ke Sulawesi dalam jangka waktu enam bulan sampai satu tahun. Bu Iin sebagai kepala sekolah di SD tersebut tidak mengizinkan Denis untuk mudik dalam jangka waktu yang lama. Di sisi lain, Bu Iin merasa kasihan terhadap orang tua denis karena sudah 10 tahun tidak mudik dan bertemu dengan keluarga sedangkan biaya yang dikeluarkan untuk mudik tergolong mahal. Dengan kondisi keuangan keluarga yang terbatas hanya mampu membeli tiket kapal yang tentunya membutuhkan waktu cukup lama untuk sampai ketempat tujuan. Di samping itu untuk kembali lagi juga membutuhkan biaya yang rencananya masih akan diupayakan di kampung halamannya. Bu Iin menyarankan kepada orang tua Denis untuk memindahkan saja Denis ke Sulawesi. Namun wali murid tersebut bercerita adanya kemungkinan jika anaknya tidak mampu beradaptasi di sana maka akan kembali bersekolah di SD Negeri 4 Boloh.

Daftar Tugas/Checklist Tugas Kolaborasi

No.

Tugas

Ada (A)/

Tidak Ada (TA)

1.

Studi Kasus Pilihan mengandung unsur dilema etika

A

2.

Memuat salah satu paradigma dari 4 paradigma dilema etika

A

3.

Memuat salah satu prinsip dari 3 prinsip dilema etika

A

4.

Memuat 9 langkah pengujian untuk menguji ketepatan pengambilan keputusan

A

5

Memuat hal-hal menarik atau tak terduga yang ditemui dalam menganalisis studi kasus pilihan

A

6.

Hasil penugasan masing-masing anggota telah diserahkan sebelum tenggat waktu

A

7.

Setiap anggota telah menyepakati paradigma, prinsip dan hasil pengujian yang telah disepakati bersama dan siap mempresentasikan ke forum

A

8.

Hasil pengeditan terakhir telah dilakukan masing-masing anggota

A

Jawaban kelompok 3:

1.  Paradigma apa yang sebaiknya digunakan: keadilan vs kasihan

2.  Prinsip mana yang mendasari keputusan yang diambil: berpikir rasa peduli

3.  Tahapan pengambilan dan pengujian terhadap studi kasus pilihan

1.  Apa nilai-nilai yang saling bertentangan dalam studi kasus tersebut?

Mengenali nilai-nilai yang bertentangan: komitmen terhadap peraturan dan empati

2.  Siapa yang terlibat dalam situasi tersebut ?

Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi ini: Kepala Sekolah, wali murid, murid, guru kelas

3.  Apa fakta-fakta yang relevan dengan situasi tersebut ?

Fakta-fakta yang relevan dengan situasi: orang tua ijin mudik jangka waktu lama, faktor ekonomi, Kepala sekolah tidak mengizinkan, dan Kepala sekolah merasa kasihan mungkin jika dia pada posisi seperti itu.

4.  Mari kita lakukan pengujian benar atau salah terhadap situasi tersebut.

    • Apakah ada aspek pelanggaran hukum dalam situasi tersebut? (Uji legal)
    • Apakah ada pelanggaran peraturan/kode etik profesi dalam kasus tersebut? (Uji regulasi)
    • Berdasarkan perasaan dan intuisi Anda, apakah ada yang salah dalam situasi ini? (Uji intuisi)
    • Apa yang anda rasakan bila keputusan Anda dipublikasikan di media cetak/elektronik maupun viral di media sosial? Apakah anda merasa nyaman? (Uji Publikasi)
    • Kira-kira, apa keputusan yang akan diambil oleh panutan/idola Anda dalam situasi ini?
    1. Jika situasinya adalah situasi dilema etika, paradigma mana yang terjadi pada situasi tersebut?
    1. Dari 3 prinsip penyelesaian dilema, prinsip mana yang akan dipakai?
    1. Apakah ada sebuah penyelesaian yang kreatif dan  tidak terpikir sebelumnya untuk menyelesaikan masalah ini (Investigasi Opsi Trilemma)?
    1. Apa keputusan yang akan Anda ambil?
    1. Coba lihat lagi keputusan Anda dan refleksikan.




Berbagi dan berkolaborasi sangat diperlukan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Dengan ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) semoga dapat saling membangun antarpenulis. Hubungi saya di:085225074625 trisusanto@guru.sd.belajar.id

0 comments:

Posting Komentar

Profil

Foto saya
Grobogan, Jawa Tengah, Indonesia
Saya, Tri Adi Susanto adalah seorang Kepala Sekolah di SD Negeri 1 Mlowokarangtalun Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan