3.1.a.5.1 Ruang Kolaborasi Modul 3.1 - Forum PRESENTASI
Jumat, 15 September 2023
Durasi : 3 JP (135 menit)
Moda: Forum diskusi
Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP
dapat berbagi, berkolaborasi dan menerapkan keterampilan pengambilan keputusan
berdasarkan 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan dan
pengujian keputusan.
Pada kegiatan ini, setiap kelompok melakukan:
- Menggunakan media video conference/zoom meeting, masing-masing kelompok akan menyajikan studi kasus pilihan mereka mengikuti persyaratan yang tertera pada rubrik penilaian yang ditunjukkan di atas.
- Setiap kelompok penyaji akan mendapatkan satu kelompok hadirin yang bertugas memberikan tanggapan atau masukan konstruktif atas presentasi kelompok penyaji. Tentunya setelahnya kelompok lain dipersilakan memberikan tanggapan mereka juga.
Kasus:
Di SD Negeri 4 Boloh ada salah
seorang wali murid yang memintakan izin anaknya bernama Denis untuk diajak
mudik ke Sulawesi dalam jangka waktu enam bulan sampai satu tahun. Bu Iin
sebagai kepala sekolah di SD tersebut tidak mengizinkan Denis untuk mudik dalam
jangka waktu yang lama. Di sisi lain, Bu Iin merasa kasihan terhadap orang tua
denis karena sudah 10 tahun tidak mudik dan bertemu dengan keluarga sedangkan
biaya yang dikeluarkan untuk mudik tergolong mahal. Dengan kondisi keuangan
keluarga yang terbatas hanya mampu membeli tiket kapal yang tentunya
membutuhkan waktu cukup lama untuk sampai ketempat tujuan. Di samping itu untuk
kembali lagi juga membutuhkan biaya yang rencananya masih akan diupayakan di
kampung halamannya. Bu Iin menyarankan kepada orang tua Denis untuk memindahkan
saja Denis ke Sulawesi. Namun wali murid tersebut bercerita adanya kemungkinan
jika anaknya tidak mampu beradaptasi di sana maka akan kembali bersekolah di SD
Negeri 4 Boloh.
Daftar Tugas/Checklist Tugas Kolaborasi
No. |
Tugas |
Ada (A)/ Tidak Ada (TA) |
1. |
Studi Kasus Pilihan
mengandung unsur dilema etika |
A |
2. |
Memuat salah satu
paradigma dari 4 paradigma dilema etika |
A |
3. |
Memuat salah satu prinsip
dari 3 prinsip dilema etika |
A |
4. |
Memuat 9 langkah
pengujian untuk menguji ketepatan pengambilan keputusan |
A |
5 |
Memuat hal-hal
menarik atau tak terduga yang ditemui dalam menganalisis studi kasus pilihan |
A |
6. |
Hasil penugasan
masing-masing anggota telah diserahkan sebelum tenggat waktu |
A |
7. |
Setiap anggota telah
menyepakati paradigma, prinsip dan hasil pengujian yang telah disepakati
bersama dan siap mempresentasikan ke forum |
A |
8. |
Hasil pengeditan
terakhir telah dilakukan masing-masing anggota |
A |
Jawaban kelompok 3:
1. Paradigma apa yang
sebaiknya digunakan: keadilan vs kasihan
2. Prinsip mana yang
mendasari keputusan yang diambil: berpikir rasa peduli
3. Tahapan pengambilan
dan pengujian terhadap studi kasus pilihan
1. Apa nilai-nilai yang saling bertentangan dalam studi kasus tersebut?
Mengenali nilai-nilai yang
bertentangan: komitmen terhadap peraturan dan empati
2. Siapa yang terlibat dalam situasi tersebut ?
Menentukan siapa yang terlibat dalam
situasi ini: Kepala Sekolah, wali murid, murid, guru kelas
3. Apa fakta-fakta yang relevan dengan situasi tersebut ?
Fakta-fakta yang relevan dengan
situasi: orang tua ijin mudik jangka waktu lama, faktor ekonomi, Kepala sekolah
tidak mengizinkan, dan Kepala sekolah merasa kasihan mungkin jika dia pada
posisi seperti itu.
4. Mari kita lakukan pengujian benar atau salah terhadap situasi tersebut.
- Apakah ada aspek pelanggaran hukum dalam situasi tersebut? (Uji legal)
- Apakah ada pelanggaran peraturan/kode etik profesi dalam kasus tersebut? (Uji regulasi)
- Berdasarkan perasaan dan intuisi Anda, apakah ada yang salah dalam situasi ini? (Uji intuisi)
- Apa yang anda rasakan bila keputusan Anda dipublikasikan di media cetak/elektronik maupun viral di media sosial? Apakah anda merasa nyaman? (Uji Publikasi)
- Kira-kira, apa keputusan yang akan diambil oleh panutan/idola Anda dalam situasi ini?
- Jika situasinya adalah situasi dilema etika, paradigma mana yang terjadi pada situasi tersebut?
- Dari 3 prinsip penyelesaian dilema, prinsip mana yang akan dipakai?
- Apakah ada sebuah penyelesaian yang kreatif dan tidak terpikir sebelumnya untuk menyelesaikan masalah ini (Investigasi Opsi Trilemma)?
- Apa keputusan yang akan Anda ambil?
- Coba lihat lagi keputusan Anda dan refleksikan.
0 comments:
Posting Komentar