2.3.A.3. MULAI DARI DIRI - MODUL 2.3
Pertanyaan-pertanyaan
reflektif sesi mulai dari diri:
1. Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau
disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?
2. Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi
tersebut.
3. Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang
dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?
4. Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang
perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal
di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.
5. Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal
itu?
Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif, tuliskan harapan
Anda terkait modul ini :
1. Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang
pendidik setelah mempelajari modul ini?
2. Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul
ini?
Jawaban
1. Setelah
mempelajari modul. 2.3 Tentang coaching supervisi akademik, saya berharap mampu
memahami seluruh materi yang ada dalam modul ini sehingga dapat saya terapkan
dalam praktik baik di lingkungan sekolah.
2. Kegiatan
yang saya harapkan ada dalam modul ini yaitu. Adanya kolaborasi dalam praktik
baik tentang coaching supervisi akademik bersama fasilitator, pengajar praktik,
instruktur dan bersama rekan rekan CGP lain nya.
Materi yang saya harapkan yaitu materi yang sesuai dengan kompetensi dan
tujuan pembelajaran modul ini.
Manfaat yaitu saya mampu menguasai seluruh materi yang ada dalam modul
ini. Sehingga saya dapat menerapkan dengan baik di instansi tempat saya
bekerja.
- Ketika menjadi guru, saya
pernah diobservasi, baik oleh kepala sekolah, pengawas maupun tim uji
kompetensi. Observasi yang dilakukan terkait dengan pembelajran dan
administrasinya. Hal ini merupakan rangkaian dari kegiatan supervisi
akademik. Saat itu saya merasa grogi dan kurang percaya diri muncul. Namun
karena hal ini bertujuan untuk peningkatan kinerja sebagai guru maka saya
tetap harus siap dengan segala kondisi yang saya miliki.
- Setelah dilakukan kegiatan
observasi, saya merasa lega dan selanjutnya dilakukan wawancara dengan
observer/supervisor mengenai kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang saya
lakukan untuk evaluasi dan peningkatan atau perbaikan pembelajaran
dan administrasinya.
- Proses supervisi akademik yang
ideal yang dapat membantu kita berkembang sebagai seorang pendidik yaitu
dengan keteladanan dari observer/supervisor. Dalam kegiatan supervisi hendaknya menyampaikan dengan jujur
keadaan yang sebenarnya yang ditemukan dalam proses supervisi kepala pendidik.
Sebagai seorang pendidik yang disupervisi seyogyanya menerima dengan
senang hati masukan dan tanggapan yang diberikan. Hal ini untuk bahan
perbaikan di masa datang.
- Jika saat ini menjadi kepala sekolah, dalam
melakukan kegiatan supervisi, saya mencapai nilai 7 antara rentang ideal 1
s.d. 10. Saya masih perlu belajar banyak dalam melakukan suervisi. Saya masih membutuhkan proses
belajar tentang supervisi dan membutuhkan banyak pengalaman untuk mencapai
nilai ideal yang lebih baik yaitu 8, 9 bahkan 10.
- Ada beberapa hal yang perlu
untuk saya persiapkan agar dapat melakukan kegiatan supervisi dengan ideal
dan optimal. Yang pertama yaitu: (a) Pemahaman. Saya harus memahami
materi-materi yang berhubungan dengan supervisi; (b) Referensi. Saya
membutuhkan banyak contoh atau teladan yang bisa dijadikan panutan sebagai
seorang supervisi; dan, (c) Pengalaman. Pengalaman
yang diperoleh melalui praktik supervisi di lapangan untuk dijadikan
sebagai bahan refleksi dalam memperbaiki proses supervisi di masa mendatang.
Setelah
memaparkan berbagai pernyataan reflektif di atas, harapan terkait modul 2.3.
ini yaitu:
- Harapan saya sebagai seorang
pendidik setelah mempelajari modul ini yaitu mampu
memahami seluruh materi yang ada dalam modul ini sehingga dapat saya terapkan
dalam praktik baik di lingkungan sekolah.
- Berbagai kegiatan, materi, manfaat yang saya harapkan ada dalam modul ini yaitu adanya kolaborasi dalam praktik baik tentang coaching supervisi akademik bersama fasilitator, pengajar praktik, instruktur dan bersama rekan rekan CGP lainnya. Materi yang saya harapkan yaitu sesuai dengan kompetensi dan tujuan pembelajaran modul ini. Manfaat yaitu saya dapat menguasai seluruh materi yang ada dalam modul ini sehingga saya dapat menerapkan dengan baik di sekolah.
0 comments:
Posting Komentar