Ruang Kolaborasi Modul 3.3 - Presentasi Kelompok
Durasi : 3 JP (135 Menit)
Moda: Tatap Maya
Tujuan Pembelajaran
Khusus: CGP
mempresentasikan hasil kerja kelompoknya kepada kelompok lain dan saling
memberikan umpan balik.
Pada kegiatan ini,
Anda akan melakukan diskusi secara tatap maya dengan melakukan langkah-langkah
berikut.
- Setiap kelompok
mempresentasikan hasil kerja kelompok kepada kelompok lain.
- Setiap kelompok
memiliki waktu 10 menit untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan
menerima pertanyaan dan tanggapan.
- Setiap kelompok memberikan
umpan balik terhadap presentasi kelompok lain.
- Umpan balik yang
diberikan berdasarkan beberapa pertanyaan ini: Apa yang paling
menarik dari presentasi yang disampaikan oleh kelompok lain?
Menurut Anda apakah program yang disampaikan dapat diimplementasikan? Coba
berikan ide/saran yang dapat membantu pelaksanaan tersebut.
- Fasilitator dan
peserta menarik kesimpulan.
- Forum diskusi
dilakukan menggunakan platform yang memungkinkan
seluruh peserta bertatap muka, misalnya menggunakan zoom atau google
meet.
Tembang dan Dolanan
KEBANAN
(AKRONIM dari KEMIS TEMBANG LAN DOLANAN)
Apa itu program
Tembang dan Dolanan?
“Program Tembang
dan Dolanan merupakan program kokurikuler yang dilaksanakan di TK Negeri
Pembina Kabupaten yang mengembangkan potensi yang dimiliki murid dalam bidang Seni
Sastra Jawa”
Tujuan :
1.
Untuk melestarikan (menguri-uri) budaya jawa
2.
Menanamkan KSE
3.
Memupuk karakter kebhinekaan global
Jenjang : PAUD (TK)
Waktu Pelaksanaan : Hari Kamis (Rutin setiap minggu) Pukul
10.00 s.d. 11.00
Unsur terlibat : Guru sendiri, guru sastra jawa dan
murid
Aset : Internet, Google TV, Peralatan Musik
dan Properti
Penanggung jawab : Guru sendiri dan KS
Keterlibatan Murid:
A.
Suara:
·
Membangun budaya saling mendengarkan
·
Membangun kepercayaan diri murid bahwa setiap suara berharga dan layak di
dengar
·
Memberikan kesempatan pada murid untuk bertanya dan memberikan pendapat
untuk berdiskusi
·
Membuat jadwal rutinitas Bersama murid
·
Memberikan kesempatan murid untuk mengambil peran sesuai bakat minat dan
potensi mereka.
B.
Pilihan (Choice):
·
Membuka cakrawala murid bahwa ada berbagai pilihan atau alternatif yang
dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum menentukan sebuah keputusan
·
Memberikan kesempatan pada murid untuk memilih peran yang dapat mereka
ambil dalam kegiatan nembang dan dolanan
·
Memberikan kesempatan pada murid untuk mengelola pengaturan kegiatan
nembang dan dolanan
·
Menampilkan hasil kreativitas murid dalam kegiatan pentas seni dan puncak
tema setiap 3 bulan sekali
·
Meminta pendapat murid jika ketika akan mengadakan kegiatan tembang dan
dolanan
· Memposting hasil kreativitas siswa di media sosial (Instragram, Youtube, dll) dengan seijin murid sebagai bagian dari menghormati dan menghargai kepemilikan murid.
BAMBANG TRIYANTO
5:03 PM
Manfaat setelah mempelajari
modul ini saya menjadi tahu bahwa banyak sekali program-program yang bisa dilaksanakan
disekolah selain program literasi, baik itu dibidang pertanian, kesenian
ataupun dibidang olahraga.
Arina Munashihana
5:03 PM
Manfaat yang didapatkan setelah
mempelajari modul ini yaitu mampu membuat program yang berdampak positif pada
murid dengan memperhatikan suara, pilihan dan kepemilikan murid. Setelah rukol
presentasi mendapat pencerahan tentang program lain yang juga sangat bagus
untuk di terapkan di SD.
Tri Puji Lestari
5:03 PM
saya dapat mempelajari berbagai
program yang berdampak positif pada murid baik intrakurikuler. kokurikuler,
& ekstrakurikuler sangat menginspirasi saya dimulai dari rencana,
pelaksananan, jadwal, produk hasil sampai pemasaran, semua itu dapat meningkatkan
pemahaman saya karena aneka ragam program dari kelompok lain,
You
5:03 PM
Manfaat mempelajari modul 3.3
ini yaitu memperoleh gambaran mengenai berbagai program kegiatan di sekolah
yang selalu menghargai murid mulai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya. Di
sini murid di dengan suara, pilihan dan kepemilikannya.
Lenny Verawati
5:04 PM
Setelah mempelajari modul ini,
menambah pemahaman dan pengetahuan saya dalam mengelola program sekolah baik
intrakulikuler, kokulikuler dan ekstrakulikuler yang berdampak positif pada
murid
Renyta Ika Wahyuni
5:04 PM
Manfaat yang didapat setelah
mempelajari modul 3.3 adalah murid berhat untuk menyuarakan suara, pilihan dan
akan membentuk kepemilikan dalam proses pembelajaran dan sebagai seorang
pendidik guru hanya membimbing saja dan mempercayakan semua ke murid sehingga
murid bisa mencapat the best version dari dirinya.
Dwi Widiyono
5:04 PM
Manfaat setelah mempelajari
modul 3.3 saya mendapat inspirasi bagi saya untuk menciptakan kepemimpinan
murid dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler ataupun ekstrakurikuler. Karakteristik
lingkungan yang dapat menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.
AGUNG TRI ARIYANTO5:05 PM
Modul ini sangat bermanfaat
sekali yang memberikan inspirasi bagi saya mengenai kegiatan yang mengandung
kepemimpinan murid. Gambaran situasi ini memberikan inspirasi bagi saya untuk
menciptakan kepemimpinan murid dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler
ataupun ekstrakurikuler. Karakteristik lingkungan yang dapat menumbuhkembangkan
kepemimpinan murid.
Manfaat yang saya dapatkan
setelah mempelajari modul ini, saya lebih memahami tentang pengelolaan program
yang berpihak pada murid, yaitu dengan memperhatikan suara, kepemilikan,
pilihan dari murid. Kedepannya saya akan mengimplementasikan di sekolah dengan
lebih optimal.
Siti Yuliyanti5:07 PM
Setelah mempelajari modul ini
saya harus menumbuhkan kepemimpinan pada murid dalam kegiatan di sekolah baik
intrakurikuler, ko kurikuler ataupun ekstrakurikuler
Lidia Murtiningsih,s.pd5:07 PM
Manfaat pada modul 3.3 ini
kepemimpinan murid sebenarnya berakar pada prinsip bahwa murid memiliki
kemampuan dan keinginan untuk secara positif mempengaruhi kehidupan mereka
sendiri dan dunia di sekitar mereka. Kepemimpinan murid dapat dilihat sebagai
kapasitas untuk menetapkan tujuan, melakukan refleksi dan bertindak secara
bertanggung jawab untuk menghasilkan perubahan.
"SALAM dan BAHAGIA di Ruang Kolaborasi terakhir pada PGP Angkatan 8"
0 comments:
Posting Komentar