Just another free Blogger theme

"Ajar ilmu saking kamardikaning ati" di BLOGNYA Mas Tri Adi Susanto CGP 08

KEGIATAN PENDIDIKAN GURU PENGGERAK

  • Lokakarya
  • Pendampingan Individu

Senin, 11 Desember 2023

Ruang Kolaborasi Modul 3.3 - Presentasi Kelompok

Durasi :  3 JP (135 Menit)
Moda: 
 Tatap Maya

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP mempresentasikan hasil kerja kelompoknya kepada kelompok lain dan saling memberikan umpan balik.

Pada kegiatan ini, Anda akan melakukan diskusi secara tatap maya dengan melakukan langkah-langkah berikut.

  1. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok kepada kelompok lain.  
  2. Setiap kelompok memiliki waktu 10 menit untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan menerima pertanyaan dan tanggapan.
  3. Setiap kelompok memberikan umpan balik terhadap presentasi kelompok lain.
  4. Umpan balik yang diberikan berdasarkan beberapa pertanyaan ini: Apa yang paling menarik dari presentasi yang disampaikan oleh kelompok lain? Menurut Anda apakah program yang disampaikan dapat diimplementasikan? Coba berikan ide/saran yang dapat membantu pelaksanaan tersebut.
  5. Fasilitator dan peserta menarik kesimpulan.
  6. Forum diskusi dilakukan menggunakan platform yang memungkinkan seluruh peserta bertatap muka, misalnya menggunakan zoom atau google meet.
Paparan kelompok 2:

Tembang dan Dolanan

KEBANAN

(AKRONIM dari KEMIS TEMBANG LAN DOLANAN)

Apa itu program Tembang dan Dolanan?

“Program Tembang dan Dolanan merupakan program kokurikuler yang dilaksanakan di TK Negeri Pembina Kabupaten yang mengembangkan potensi yang dimiliki murid dalam bidang Seni Sastra Jawa”

Tujuan                            :

1.       Untuk melestarikan (menguri-uri) budaya jawa

2.       Menanamkan KSE

3.       Memupuk karakter kebhinekaan global

 

Jenjang                          :          PAUD (TK)

Waktu Pelaksanaan    :          Hari Kamis (Rutin setiap minggu) Pukul 10.00 s.d. 11.00

Unsur terlibat               :          Guru sendiri, guru sastra jawa dan murid

Aset                                :          Internet, Google TV, Peralatan Musik dan Properti

Penanggung jawab      :          Guru sendiri dan KS

Keterlibatan Murid:

A.      Suara:

·       Membangun budaya saling mendengarkan

·       Membangun kepercayaan diri murid bahwa setiap suara berharga dan layak di dengar

·       Memberikan kesempatan pada murid untuk bertanya dan memberikan pendapat untuk berdiskusi

·       Membuat jadwal rutinitas Bersama murid

·       Memberikan kesempatan murid untuk mengambil peran sesuai bakat minat dan potensi mereka.

B.      Pilihan (Choice):

·       Membuka cakrawala murid bahwa ada berbagai pilihan atau alternatif yang dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum menentukan sebuah keputusan

·       Memberikan kesempatan pada murid untuk memilih peran yang dapat mereka ambil dalam kegiatan nembang dan dolanan

·       Memberikan kesempatan pada murid untuk mengelola pengaturan kegiatan nembang dan dolanan

 C.       Kepemilikan (Ownership):

·       Menampilkan hasil kreativitas murid dalam kegiatan pentas seni dan puncak tema setiap 3 bulan sekali

·       Meminta pendapat murid jika ketika akan mengadakan kegiatan tembang dan dolanan

·       Memposting hasil kreativitas siswa di media sosial (Instragram, Youtube, dll) dengan seijin murid sebagai bagian dari menghormati dan menghargai kepemilikan murid.










BAMBANG TRIYANTO

5:03 PM

Manfaat setelah mempelajari modul ini saya menjadi tahu bahwa banyak sekali program-program yang bisa dilaksanakan disekolah selain program literasi, baik itu dibidang pertanian, kesenian ataupun dibidang olahraga.

Arina Munashihana

5:03 PM

Manfaat yang didapatkan setelah mempelajari modul ini yaitu mampu membuat program yang berdampak positif pada murid dengan memperhatikan suara, pilihan dan kepemilikan murid. Setelah rukol presentasi mendapat pencerahan tentang program lain yang juga sangat bagus untuk di terapkan di SD.

Tri Puji Lestari

5:03 PM

saya dapat mempelajari berbagai program yang berdampak positif pada murid baik intrakurikuler. kokurikuler, & ekstrakurikuler sangat menginspirasi saya dimulai dari rencana, pelaksananan, jadwal, produk hasil sampai pemasaran, semua itu dapat meningkatkan pemahaman saya karena aneka ragam program dari kelompok lain,

You

5:03 PM

Manfaat mempelajari modul 3.3 ini yaitu memperoleh gambaran mengenai berbagai program kegiatan di sekolah yang selalu menghargai murid mulai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya. Di sini murid di dengan suara, pilihan dan kepemilikannya.

Lenny Verawati

5:04 PM

Setelah mempelajari modul ini, menambah pemahaman dan pengetahuan saya dalam mengelola program sekolah baik intrakulikuler, kokulikuler dan ekstrakulikuler yang berdampak positif pada murid

Renyta Ika Wahyuni

5:04 PM

Manfaat yang didapat setelah mempelajari modul 3.3 adalah murid berhat untuk menyuarakan suara, pilihan dan akan membentuk kepemilikan dalam proses pembelajaran dan sebagai seorang pendidik guru hanya membimbing saja dan mempercayakan semua ke murid sehingga murid bisa mencapat the best version dari dirinya.

Dwi Widiyono

5:04 PM

Manfaat setelah mempelajari modul 3.3 saya mendapat inspirasi bagi saya untuk menciptakan kepemimpinan murid dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler ataupun ekstrakurikuler. Karakteristik lingkungan yang dapat menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.

 

AGUNG TRI ARIYANTO5:05 PM

Modul ini sangat bermanfaat sekali yang memberikan inspirasi bagi saya mengenai kegiatan yang mengandung kepemimpinan murid. Gambaran situasi ini memberikan inspirasi bagi saya untuk menciptakan kepemimpinan murid dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler ataupun ekstrakurikuler. Karakteristik lingkungan yang dapat menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.

Manfaat yang saya dapatkan setelah mempelajari modul ini, saya lebih memahami tentang pengelolaan program yang berpihak pada murid, yaitu dengan memperhatikan suara, kepemilikan, pilihan dari murid. Kedepannya saya akan mengimplementasikan di sekolah dengan lebih optimal.

Siti Yuliyanti5:07 PM

Setelah mempelajari modul ini saya harus menumbuhkan kepemimpinan pada murid dalam kegiatan di sekolah baik intrakurikuler, ko kurikuler ataupun ekstrakurikuler

Lidia Murtiningsih,s.pd5:07 PM

Manfaat pada modul 3.3 ini kepemimpinan murid sebenarnya berakar pada prinsip bahwa murid memiliki kemampuan dan keinginan untuk secara positif mempengaruhi kehidupan mereka sendiri dan dunia di sekitar mereka. Kepemimpinan murid dapat dilihat sebagai kapasitas untuk menetapkan tujuan, melakukan refleksi dan bertindak secara bertanggung jawab untuk menghasilkan perubahan.

"SALAM dan BAHAGIA di Ruang Kolaborasi terakhir pada PGP Angkatan 8"


Berbagi dan berkolaborasi sangat diperlukan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Dengan ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) semoga dapat saling membangun antarpenulis. Hubungi saya di:085225074625 trisusanto@guru.sd.belajar.id

0 comments:

Posting Komentar

Profil

Foto saya
Grobogan, Jawa Tengah, Indonesia
Saya, Tri Adi Susanto adalah seorang Kepala Sekolah di SD Negeri 1 Mlowokarangtalun Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan