“PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL” DAN “PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI”
LATAR BELAKANG SITUASI YANG DIHADAPI
Anak didik juga perlu mengembangkan aspek sosial dan
emosionalnya. Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi
sosial-emosional berperan penting dalam keberhasilan akademik maupun
kehidupan seseorang. Sebagai pendidik yang berinteraksi dengan
murid dan orang dewasa di lingkungan sekolah, seorang pendidik seharusnya dapat
menciptakan pembelajaran yang dapat mengesplore semua potensi anak didik dan
juga mengembangakan aspek sosial – emosionalnya melalui perencanaan
pembelajaran yang berpihak pada murid. Inilah yang menjadi latar belakang aksi
nyata modul 2.2.
DESKRIPSI AKSI NYATA YANG SAYA LAKUKAN
Langkah pertama yang saya lakukan untuk memulai aksi saya
ini adalah menerapkan di kelas dimana saya mengajar dengan memulai membuat RPP
berdiferensiasi sebagai rencana pembelajaran saya dimana dalam RPP Berdiferensiasi
saya tersebut saya membuat pemetaan terhadap peserta didik melalui kesiapan
belajar siswa. Dalam RPP berdiferensiasi yang saya buat juga saya menerapkan
teknik KSE di kelas saya. Saya memfasilitasi pembelajaran murid dengan
melakukan teknik KSE misal menerapkan teknik STOP sebelum pembelajaran supaya
murid dan guru berlatih konsentrasi diri. Langkah kedua adalah mensosialisaikan
kepada rekan sekerja saya dalam komunitas praktisi yang sudah saya bentuk.
Saya juga menerapkan banyak teknik seperti
Ungkapkan—tuliskan—Ceritakan, dengan tujuan anak didik melakukan review atas
apa yang telah mereka lakukan selama bekerjasama / berkolaborasi dengan teman satu
kelompoknya. apersepsi, matching, menjawab pertanyaan, berdiskusi, presentasi,
melihat hasil karya kelompok lain, mengadakan refleksi dan lain sebagainya.
Selain itu saya juga menerapkan KSE untuk membuat bagan pernapasan manusia
dengan minp mapping dengan tujuan mengidentifikasi dari kekuatan, minat, atau
hal positif lain yang mereka miliki. Semua saya lakukan untuk meransang anak
tertarik untuk belajar tanpa ada tekanan dan kebosanan.
HASIL DARI AKSI NYATA
YANG DILAKUKAN
Setelah melakukan pembelajaran berdiferensiasi dan
menerapkan pembelajaran sosial dan emosional di kelas, peserta tampak lebih
bersemangat belajar, semakin memahami potensi yang ada pada diri mereka Peserta
didik juga semakin dapat mengatasi masalahnya dengan lebih tenang. Mereka sudah
dapat mengendalikan diri dan mengelola emosi. Pserta didik lebih terbuka di
dalam mengungkapkan perasaannya. Bahkan dari penerapan pembelajaran
berdiferensiasi peserta didik sangat menikmati proses pembelajaran. Saat di
kelompokkan dengan teman – teman satu kelompok peserta didik saya tuntun sesuai
dengan kesiapan belajar mereka masing – masing. Dan pada saat melakukan aksi
nyata penerapan pembelajaran sosial dan emosional peserta didik tampak lebih
aktif dalam menjawab pertanyaan. Pengalaman saya pengetahuan PSE ini membantu
saya untuk menciptakan kelas yang kreatif dan semangat. Seperti halnya tujuan
dari pendidikan adalah menjadikan anak menjadi well-being.
PEMBELAJARAN YANG SAYA DAPAT DARI PELAKSANAAN AKSI NYATA
Pembelajaran yang saya dapatkan dari pelaksanaan aksi nyata
di modul ini, saya dapat merasakan
sangat terkelolanya peserta didik dalam melakukan prose pembelajaran. Peserta
didik mulai mampu untuk mengelola kelas yang kreatif dan bersemangat, mau
mendengar pendapat orang lain dan peserta didik melakukan proses pembelajar
dengan sangat antusis. Saya dapat mengatakan seperti itu karena pengamatan dan
hasil refleksi diakhir pembelajaran. Dengan penerapan RPP yang berdiferensiasi
memudahkan saya merancang pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada
murid. Hal yang menjadi kendala dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi
dan penerapan pembelajaran sosial – emosional adalah pembelajaran yang masih
dilakukan secara daring adalah kondisi sinyal Internet yang terkadang sangat
menggagu proses pembelajaran dan juga masih ada beberapa siswa yang terlambat
dalam mengikuti pembelajaran daring.
RENCANA PERBAIKAN KEDEPAN
Kedepannya yang perlu saya perbaiki adalah tetap menjalankan kesepakatan bersama yang sudah saya dan peserta didik sepakati bersama dan melakukan pendekatan kepada peserta didik yang masih terlambat mengikuti proses pembelajaran. Untuk kendala jaringan yang tidak stabil saya akan tetap berkordinasi dengan orang tua peserta didik melalui wali kelas. Dalam pembelajaran selanjutnya akan diupayakan semua murid dapat hadir di kelas online. Akan saya usahakan juga untuk merancang RPP berdiferensiasi dan yang mengandung teknik KSE secara maksimal. Serta penerapan teknik STOP akan diusahakan untuk dilakukan setiap pembelajaran.
0 comments:
Posting Komentar