Just another free Blogger theme

"Ajar ilmu saking kamardikaning ati" di BLOGNYA Mas Tri Adi Susanto CGP 08

KEGIATAN PENDIDIKAN GURU PENGGERAK

  • Lokakarya
  • Pendampingan Individu

 1.1.a.4.1. Forum Diskusi Modul 1.1 di Ruang Diskusi Virtual

Hari Selasa, 16 Mei 2023




Durasi : 2 JP (90 menit)

Moda: Forum Diskusi di Ruang Virtual

Tujuan Pembelajaran KhususPeserta mampu memberikan perspektif reflektif kritis tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara dalam forum diskusi.

Pada Pembelajaran ini, CGP berlatih membangun kerangka berpikir dan menyampaikan ide serta gagasan berdasarkan pemahaman dan internalisasi konsep pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD) dalam ruang diskusi virtual. 

Dalam forum diskusi virtual, Fasilitator memfasilitasi diskusi bagaimana memahami pemikiran filosofis KHD untuk melatih Anda untuk lebih saksama memaknai dan menghayati pemikiran KHD dalam menuntun kekuatan kodrat anak dan bagaimana penerapannya pada konteks lokal sosial budaya di daerah Anda.

Memulai Eksplorasi Konsep melalui forum diskusi di ruang ‘virtual’, CGP diberikan pertanyaan reflektif terkait pemahaman Anda mengenai pemikiran filosofis KHD. Pertanyaan pemantik sebagai berikut:

  1. Apa makna kata ‘menuntun’ dalam proses pendidikan anak bagi saya? 
  2. Bagaimana kata “menuntun” saya maknai dalam konteks sosial budaya di daerah saya? Apa dapat saya lakukan untuk mewujudkan pendidikan anak yang relevan dengan konteks sosial budaya di daerah saya?
  3. Mengapa pendidikan murid (anak) perlu mempertimbangkan kodrat alam dan kodrat zaman?
  4. Apa relevansi pemikiran KHD “Pendidikan yang berhamba pada anak” dengan peran saya sebagai pendidik?

Petunjuk Pelaksanaan Diskusi:

Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak, diskusi ruang virtual akan dipandu oleh Fasilitator dengan tahapan sebagai berikut:

  • Pembukaan (25’) 
    Fasilitator membuka Forum Diskusi dengan menegaskan tujuan pembelajaran ‘CGP mampu memberikan perspektif refleksi kritis tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara dalam forum diskusi’.
    Fasilitator menegaskan dalam Forum Diskusi, CGP saling membuka diri terhadap perbedaan dalam berpendapat, bertanya dan berbagi praktik baik untuk lebih kritis dan reflektif dalam memaknai dan menghayati pemikiran filosofis Ki Hajdar Dewantara.

  • Refleksi Kritis CGP  (30’)
    Setiap CGP menyampaikan memberikan perspektif reflektif kritis tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara.

  • Dialog: Diskusi & Tanya Jawab (20’)
    • CGP saling berdialog untuk mengkonfirmasi perspektif setiap CGP dalam memaknai dan menghayati pemikiran KHD dengan saling bertanya atau mengkonfirmasi perspektif rekan CGP lain
    • Fasilitator memandu dialog

  • Refleksi dan Umpan Balik (10’)
    • Fasilitator memberi umpan balik untuk memberi penguatan terhadap pemahaman CGP.
    • Refleksi pembelajaran dituliskan pada aplikasi yang disediakan oleh Instruktur (padlet).
  • Penutup (05’)
    • Fasilitator menutup kegiatan pembelajaran Eksplorasi Konsep Forum Diskusi “ Refleksi Kritis Pemikiran Ki Hadjar Dewantara”

Refleksi Pembelajaran:

Dwi Harseno

2:37PM

Pendidikan berpusat pada siswa yang berorientasi pada minat bakat siswa itu sangat penting untuk dilakukan. Dengan begitu, peserta didik akan melaksanakan pembelajaran dengan senang, dan akan lebih bermakna. Jika nantinya kami menjadi pemimpin pembelajaran nantinya, akan mengurangi kegiatan pembelajaran bersekat, akan lebih banya memberikan kegiatan projek dari setiap mata pelajaran agar lebih bermakna dan peran siswa lebih aktif menggali informasi dan pengalaman pembelajaran.

AGUNG TRI ARIYANTO

2:38PM

hal yang menarik yang saya dapat sampai hari ini adalah tentang bagaimana dasyatnya pemikiran seorang KHD dalam pendidikan, dan sangat bermakna bagi saya dalam menambah wawasan gambaran saya dalam mendidik, yang selama ini saya belum tau sama sekali tentang konsep pendidikan KHD, jika saya kedepannya diberi amanah sebagai pemimpin bismiilah saya akan menerapkan kosep dan gagasan tentang filosofi pendidikan KHD. dan berharap bisa mengajak guru untuk berpusat pada anak.

Renyta Ika Wahyuni

2:39PM

Hal menarik yg saya amati adalah dari pemberian materi mulai dr bahan bacaan sampai dlm bentuk video. Juga diskusi. Materi yg beragam membuat saya tidak bosan. Makna pembelajaran yaitu bahwa setiap murid memiliki cara belajar yg berbeda2. Yg akan saya terapkan adalah bahwa sekolah yg saya ampu harus bisa disesuaikan dgn budaya lokal dan nilai luhur dengan tanpa meninggalkan budi pekerti.

Lenny Verawati

2:39PM

hal yang menarik dalampembelajaran sampai hari ini adalah pemikiran KHD sungguh luar biasa dan terus bisa diterapkan pada pendidikan sampai saat ini. Pembeljaaran ini sangat bermakna karena semakin membuka wawasan bagi saya sebagai pendidik pendidikan yang bermakna yang berpusat pada anak dengan tetap menanamkan budi pekerti dan nilai agama pada anak sangatlah penting dan akan terus dibawa anak nanti sampai mereka dewasa. Konsep dan gagasan ini lebih bermanfaat bagi pendidikan anak usia dini

Tri Adi Susanto

2:40PM

Ketika mengikuti sesi PGP pada pembelajaran kali ini mendapatkan berbagai manfaat antara lain: (1) Mengetahui konsep dari pemikiran KHD yaitu mengenai pentingnya pembelajaran yang mempertimbangkan kodrat alam dan kodrat zaman, (2) Pembelajaran yang menuntun, (3) Pembelajaran yang mempertahankan budaya dan kearifan lokal walaupun sudah zaman globalisasi. Pembelajaran ini sangat bermakna bahwa seorang guru harus selalu mengedepankan murid dan menghamba pada murid.

Angga Mundhi Nugroho

2:40PM

1. hal yang menarik bagi saya ialah belajar tengtang kodrat alam dan kodrat zaman dalam pendidikan peserta didik

Tri Puji Lestari

2:40PM

Hal yang menarik dalam pembelajaran kita sampai hari ini adalah terdapat argumentasi dari berbagai peserta hingga dapat menambah literasi Saya dalam dunia pendidikan, karena semua pendapat berbeda. Ruang kolaborasi ini sangatlah membantu saya dalam menerapkan merdeka belajar menurut KHD. Dari sini sangat membantu pemahaman Saya dalam pengalaman ini. Sehingga nanti ketika menjadi pemimpin pemembelajaran /KS akan menerapkan filosofi KHD pembelajaran dengan pengalaman peserta didik.

Dwi Widiyono

2:40PM

hal yang menarik dalam pembelajaran hari ini adalah bisa memahami dan mengulas pemikiran ki hadjar dewantara dalam kehidupan sehari hari. makna pembelajaran adalah pendampingan dan pengolahan materi untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan ,ketrampilan ,sikap dan perilaku yang baik untuk mencapai tujuan pembelaaran.


Google Meet™ for Moodle

0 comments:

Posting Komentar

Profil

Foto saya
Grobogan, Jawa Tengah, Indonesia
Saya, Tri Adi Susanto adalah seorang Kepala Sekolah di SD Negeri 1 Mlowokarangtalun Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan