1.1.a.4.1. Forum Diskusi Modul 1.1 di Ruang Diskusi Virtual
Moda: Forum Diskusi di Ruang Virtual
Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mampu memberikan
perspektif reflektif kritis tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar
Dewantara dalam forum diskusi.
Pada Pembelajaran ini, CGP berlatih membangun kerangka berpikir dan menyampaikan ide serta gagasan berdasarkan pemahaman dan internalisasi konsep pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD) dalam ruang diskusi virtual.
Dalam
forum diskusi virtual, Fasilitator memfasilitasi diskusi bagaimana memahami pemikiran filosofis KHD untuk melatih Anda untuk lebih saksama
memaknai dan menghayati pemikiran KHD dalam menuntun kekuatan kodrat anak dan
bagaimana penerapannya pada konteks lokal sosial budaya di daerah Anda.
Memulai
Eksplorasi Konsep melalui forum diskusi di ruang ‘virtual’, CGP diberikan
pertanyaan reflektif terkait pemahaman Anda mengenai pemikiran filosofis KHD.
Pertanyaan pemantik sebagai berikut:
- Apa makna
kata ‘menuntun’ dalam proses pendidikan anak bagi saya?
- Bagaimana
kata “menuntun” saya maknai dalam konteks sosial budaya di daerah saya?
Apa dapat saya lakukan untuk mewujudkan pendidikan anak yang relevan
dengan konteks sosial budaya di daerah saya?
- Mengapa
pendidikan murid (anak) perlu mempertimbangkan kodrat alam dan kodrat
zaman?
- Apa
relevansi pemikiran KHD “Pendidikan yang berhamba pada anak” dengan
peran saya sebagai pendidik?
Petunjuk Pelaksanaan
Diskusi:
Bapak/Ibu Calon Guru
Penggerak, diskusi ruang virtual akan dipandu oleh Fasilitator dengan
tahapan sebagai berikut:
- Pembukaan (25’)
Fasilitator membuka Forum Diskusi dengan menegaskan tujuan pembelajaran ‘CGP mampu memberikan perspektif refleksi kritis tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara dalam forum diskusi’.
Fasilitator menegaskan dalam Forum Diskusi, CGP saling membuka diri terhadap perbedaan dalam berpendapat, bertanya dan berbagi praktik baik untuk lebih kritis dan reflektif dalam memaknai dan menghayati pemikiran filosofis Ki Hajdar Dewantara.
- Refleksi Kritis CGP
(30’)
Setiap CGP menyampaikan memberikan perspektif reflektif kritis tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara.
- Dialog: Diskusi & Tanya
Jawab (20’)
- CGP saling berdialog untuk
mengkonfirmasi perspektif setiap CGP dalam memaknai dan menghayati
pemikiran KHD dengan saling bertanya atau mengkonfirmasi perspektif rekan
CGP lain
- Fasilitator memandu dialog
- Refleksi dan Umpan Balik
(10’)
- Fasilitator memberi umpan
balik untuk memberi penguatan terhadap pemahaman CGP.
- Refleksi pembelajaran dituliskan pada aplikasi yang disediakan oleh Instruktur (padlet).
- Penutup (05’)
- Fasilitator menutup kegiatan pembelajaran Eksplorasi Konsep Forum Diskusi “ Refleksi Kritis Pemikiran Ki Hadjar Dewantara”
Refleksi Pembelajaran:
Dwi Harseno
2:37 PM
Pendidikan berpusat pada siswa yang berorientasi
pada minat bakat siswa itu sangat penting untuk dilakukan. Dengan begitu,
peserta didik akan melaksanakan pembelajaran dengan senang, dan akan lebih
bermakna. Jika nantinya kami menjadi pemimpin pembelajaran nantinya, akan
mengurangi kegiatan pembelajaran bersekat, akan lebih banya memberikan kegiatan
projek dari setiap mata pelajaran agar lebih bermakna dan peran siswa lebih
aktif menggali informasi dan pengalaman pembelajaran.
AGUNG TRI ARIYANTO
2:38 PM
hal yang menarik yang saya dapat sampai hari ini
adalah tentang bagaimana dasyatnya pemikiran seorang KHD dalam pendidikan, dan
sangat bermakna bagi saya dalam menambah wawasan gambaran saya dalam mendidik,
yang selama ini saya belum tau sama sekali tentang konsep pendidikan KHD, jika
saya kedepannya diberi amanah sebagai pemimpin bismiilah saya akan menerapkan
kosep dan gagasan tentang filosofi pendidikan KHD. dan berharap bisa mengajak
guru untuk berpusat pada anak.
Renyta Ika Wahyuni
2:39 PM
Hal menarik yg saya amati adalah dari pemberian
materi mulai dr bahan bacaan sampai dlm bentuk video. Juga diskusi. Materi yg
beragam membuat saya tidak bosan. Makna pembelajaran yaitu bahwa setiap murid
memiliki cara belajar yg berbeda2. Yg akan saya terapkan adalah bahwa sekolah
yg saya ampu harus bisa disesuaikan dgn budaya lokal dan nilai luhur dengan
tanpa meninggalkan budi pekerti.
Lenny Verawati
2:39 PM
hal yang menarik dalampembelajaran sampai hari ini
adalah pemikiran KHD sungguh luar biasa dan terus bisa diterapkan pada
pendidikan sampai saat ini. Pembeljaaran ini sangat bermakna karena semakin
membuka wawasan bagi saya sebagai pendidik pendidikan yang bermakna yang
berpusat pada anak dengan tetap menanamkan budi pekerti dan nilai agama pada
anak sangatlah penting dan akan terus dibawa anak nanti sampai mereka dewasa.
Konsep dan gagasan ini lebih bermanfaat bagi pendidikan anak usia dini
Tri Adi Susanto
2:40 PM
Ketika mengikuti sesi PGP pada pembelajaran kali
ini mendapatkan berbagai manfaat antara lain: (1) Mengetahui konsep dari
pemikiran KHD yaitu mengenai pentingnya pembelajaran yang mempertimbangkan
kodrat alam dan kodrat zaman, (2) Pembelajaran yang menuntun, (3) Pembelajaran
yang mempertahankan budaya dan kearifan lokal walaupun sudah zaman globalisasi.
Pembelajaran ini sangat bermakna bahwa seorang guru harus selalu mengedepankan
murid dan menghamba pada murid.
Angga Mundhi Nugroho
2:40 PM
1. hal yang menarik bagi saya ialah belajar
tengtang kodrat alam dan kodrat zaman dalam pendidikan peserta didik
Tri Puji Lestari
2:40 PM
Hal yang menarik dalam pembelajaran kita sampai
hari ini adalah terdapat argumentasi dari berbagai peserta hingga dapat
menambah literasi Saya dalam dunia pendidikan, karena semua pendapat berbeda.
Ruang kolaborasi ini sangatlah membantu saya dalam menerapkan merdeka belajar
menurut KHD. Dari sini sangat membantu pemahaman Saya dalam pengalaman ini.
Sehingga nanti ketika menjadi pemimpin pemembelajaran /KS akan menerapkan
filosofi KHD pembelajaran dengan pengalaman peserta didik.
Dwi Widiyono
2:40 PM
hal yang menarik dalam pembelajaran hari ini adalah bisa memahami dan mengulas pemikiran ki hadjar dewantara dalam kehidupan sehari hari. makna pembelajaran adalah pendampingan dan pengolahan materi untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan ,ketrampilan ,sikap dan perilaku yang baik untuk mencapai tujuan pembelaaran.
0 comments:
Posting Komentar