JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 2.1
Pembelajaran Berdiferensiasi
SENIN, 7 AGUSTUS 2023
Para pendidik yang berbahagia,
Pada kesempatan kali ini, saya bersyukur karena bisa sampai tahap mempelajari Modul 2.1 tentang Pembelajaran Berdiferensiasi. Persentase dalam LMS mencapai 48% sehingga sudah hampir setengah jalan menyelesaikan PGP angkatan 8 ini. Jurnal refleksi Dwimingguan Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi ini saya tulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah saya dilakukan. Pengalaman dalam mengikuti Pendidikan Guru Penggerak (PGP) merupakan pengalaman yang berharga bagi saya, dimana saya dapat mempelajari, mempraktikan, dan berbagi praktik baik kepada rekan guru di sekolah.
Aktivitas pembelajaran yang telah dilakukan di Learning Management System (LMS) coba saya refleksikan. Aktivitas tersebut meliputi pembelajaran yang diawali dengan Test Awal (pretest) Paket Modul 2, dilanjutkan aktivitas pembelajaran di LMS dimulai dengan 2.1.a .3.Mulai dari diri, 2.1.a.4.Eksplorasi konsep, 2.1.a.5.1. Ruang Kolaborasi 1, 2.1.a.5.2. Ruang Kolaborasi 2 Google Meet; 2.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Modul 2.1; 2.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.1).
Melalui Model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future), pada refleksi dwimingguan kali ini, hasil refleksi dapat saya deskripsikan sebagai berikut:
1. Facts (Peristiwa)
Aktivitas pertama dalam mempelajari modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi yaitu Test Awal Paket Modul 2,kemudian dilanjutkan aktivitas pembelajaran di LMS dimulai dengan 2.1.a .3.Mulai dari diri, 2.1.a.4.Eksplorasi konsep, 2.1.a.5.1. Ruang Kolaborasi 1, 2.1.a.5.2.mempresentasikan hasil kolaborasi pertemuan sebelumnya tentang membuat RPP berdiferensiasi.
Pada saat mempelajari modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi kami dibuat berkelompok dengan setiap kelompok ber-anggotakan 6 orang yang sesuai jenjang pendidikan yang kami ajarkan disekolah dasar. Anggota kelompok kami terdiri dari Tri Adi Susanto saya sendiri, Bambang Triyanto, Angga Mundi Nugroho, Tri Wahyuningsih, Dwi Widiyono, dan Lidia Murtiningsih.
Kali ini kelompok kami mendapatkan kesempatan presentasi ke-3 dengan pembagian tugas sebagai moderator, presenter, penanggap dan notulen. Kami memprentasikan hasil diskusi kami kepada kelompok yang lain melalui vicon dengan google meeting yang dipandu oleh Bu Titin Ika Mahmudah selaku fasilitator dan didampingi oleh Bapak Pujito dan Surojiono selaku pengajar praktik. Kami mempresentasikan RPP berdiferensiasi untuk jenjang sekolah dasar. Banyak manfaat yang kami peroleh dari sesi ini. Saya jadi mengetahui bagaimana mengintegrasikan pembelajaran berdiferensiasi ke dalam sebuah RPP, sehingga dapat mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik.
Selanjutnya, kami melakukan Refleksi. Kami diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang makin memperkuat pengetahuan kami serta meningkatkan pemahaman terkait pembelajaran berdiferensiasi. Pada aktivitas ini tidak ada hambatan yang dirasakan karena di sesi ini bagaimana CGP menggali lebih dalam konsep pembelajaran berdiferensiasi.
Aktivitas berikutnya yaitu demonstrasi kontekstual. pada aktivitas pembelajaran ini kami diminta membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi dan memberikan masukan serta komentar terhadap RPP yang dibuat oleh sesama rekan CGP. Disini, saya membuat RPP berdiferensiasi dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik ditinjau dari Profil Belajarnya.
2. Feeling (Perasaan)
Dalam kurun waktu lebih dari dua minggu, banyak sekali hal yang saya rasakan. Walaupun kadang lelah dan jenuh dengan berbagai aktivitas, perasaan saya pada saat memperlajari modul 2.1 ini semangat. Saya merasa Senang dapat mengikuti sesi Modul 2.1 tentang Pembelajaran Berdiferensiasi ini, karena mendapatkan dukungan dari semua pihak terutama kepala sekolah dan seluruh komunitas di sekolah sehingga saya dapat mengikuti pembelajaran dan dapat menyelesaikan semua tugas yang diberikan yang pada akhirnya semakin memperkuat pemahaman saya tentang pembelajaran berdiferensiasi.
Pada modul 2.1. ini, Saya belajar menyusun RPP berdiferensiasi pada materi kelas V sekolah dasar mengenai topik Organ pernapasan pada manusia. Saya belajar menyusun langka-langkah pembelajaran yang menyelaraskan dengan karakteristik peserta didik. Ada gambaran tindak lanjut seperti apa yang dapat diambil oleh saya sebagai bentuk tindakan yang mempertimbangkan kebutuhan belajar peserta didik..
3. Findings (Pembelajaran)
Sebagai calon guru penggerak yang memiliki peran pemimpin pembelajaran, saya membutuhkan banyak informasi dan pengetahuan serta pengalaman baru yang bermanfaat bagi saya. Salah satu yang saya pelajari yaitu bagaimana seorang guru harus berpihak pada murid dalam mengintegrasikan pembelajaran berdiferensiasi terhadap pelaksanaan pembelajaran dan penilaian. Demikian pula dalam pembelajaran berdiferensiasi harus mengakomodir seluruh kebutuhan peserta didik dari minat, kesiapan belajar dan profil belajar peserta didik. Dengan memahami berbagai hal tersebut, saya menyadari bahwa pembelajaran yang dikelola guru harus berdiferensiasi konten, proyek dan produk.
4. Future (Penerapan)
Dalam penerapan modul 2.1 yaitu mengenai Pembelajaran Berdiferensiasi, saya belajar untuk lebih memperhatikan kemampuan murid dalam aktivitas belajar yang sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki. Dengan memperhatikan kemampuan belajar mereka maka akan membantu menghindarkan dari pengalaman belajar yang kurang menyenangkan, kurang tepat, dan kurang berpihak pada murid.
Di samping penerapan pembelajaran berdiferensiasi tersebut, saya juga mencoba untuk berbagi dengan rekan sejawat mengenai pembelajaran berdiferensiasi. Harapan saya, para rekan guru menjadi lebih memperhatikan minat dan profil belajar peserta didik dalam melaksanakan berbagai aktivitas pembelajaran di sekolah.
0 comments:
Posting Komentar