Just another free Blogger theme

"Ajar ilmu saking kamardikaning ati" di BLOGNYA Mas Tri Adi Susanto CGP 08

KEGIATAN PENDIDIKAN GURU PENGGERAK

  • Lokakarya
  • Pendampingan Individu

 JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.3

PENGELOLAAN PROGRAM BERDAMPAK POSITIF

oleh:

Tri Adi Susanto

CGP Angkatan 8 Kelas A

Kabupaten Grobogan

 

1.Facts (Peristiwa) 

Kegiatan pembelajaran modul 3.3 dimulai pada 9 Oktober 2023 pada alur mulai dari diri dan eksplorasi konsep. Dalam modul ini, saya mempelajari materi tentang menyusun sebuah program yang berdampak positif pada murid, cara menumbuhkan student agency (kepemimpinan murid) dengan suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid, lingkungan yang mendukung tumbuh kembang kepemimpinan murid, serta pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid. Selanjutnya pada tanggal 11 Oktober 2023 masuk di eksplorasi konsep -- Forum Diskusi. Di sini setiap kelompok mendeskripsikan prgogram yang disepakati pada diskusi kelompok masing-masing pada LMS, yang selanjutnya ditanggapi oleh kelompok lain. Tanggapan yang diberikan bisa berupa penambahan hal-hal yang terlewat maupun menanyakan lebih detail mengenai program kegiatan.

Pada tanggal 13 Oktober 2023 masuk dalam aktivitas ruang kolaborasi 1 untuk berdiskusi program dengan kelompok masing-masing bersama fasilitator Ibu Titin Ika Mahmudah, dan ruang kolaborasi 2 pada tanggal 16 Oktober 2023  bersama rekan rekan CGP dipandu oleh fasilitator kami, untuk melakukan presentasi program masing-masing kelompok dan saling memberikan masukan. Pembelajaran berlanjut dengan Refleksi Terbimbing dan Demonstrasi Kontekstual. Demonstrasi kontekstual merupakan rancangan program yang berdampak pada murid dengan menggunakan pemenuhan tahapan BAGJA.

Untuk lebih mendalami materi mengenai modul 3.3 yaitu tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid kegiatan pembelajaran dilanjutkan pada alur Elaborasi Pemahaman. Pada kegiatan ini setiap CGP mendapatkan penguatan dari Instruktur untuk lebih memahami materi tersebut dengan baik. Selain itu, saya juga berdiskusi dengan rekan-rekan CGP yang ada di sekolah saya untuk memperkuat pengetahuan saya mengenai materi di modul 3.3 ini. Setiap CGP diminta untuk membuat sebuah program secara individu yang dapat dilaksanakan di sekolah masing-masing untuk dipraktikkan dalam aksi nyata di akhir modul 3.3.

 

 

2.Feelings (Perasaan) 

Perasaan saya saat mempelajari modul ini yaitu senang sekaligus haru. Perasaan senang ini karena meskipun banyak tugas yang harus dikerjakan, saya memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru yang bermanfaat dan Puji Tuhan, dapat terselesaikan dengan baik sebelum batas akhir pengumpulan tugas. Saya berupaya akan adanya perubahan sebagai guru sebelum dan sesudah mengikuti PGP walaupun ke depannya tugas sebagai Guru Penggerak sangatlah luar biasa yaitu untuk mengimplementasikan Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid. Adapun hal yang mengharukan yaitu dalam sesi vicon terakhir kami dengan Fasilitator kami yaitu Ibu Titin Ika Mahmudah yang selama kami menjalani program guru penggerak selalu sabar dan juga telaten membimbing kami dalam memberi pengarahan dalam mengerjakan tugas-tugas di LMS. Meskipun pertemuan hanya melalui tatap maya atau vicon lewat aplikasi g-meet sehingga  belum pernah bertemu dengan beliaunya secara langsung, namun kedekatan kami layaknnya mendapat mentor yang selalu mendampingi selama 6 bulan lebih dalam pendidikan guru penggerak angkatan 8. Rasa haru karena kegiatan modul 3.3 ini merupakan kegiatan akhir dan modul penutup sehingga harus berakhir mengucapkan kata perpisahan.

 

3.Findings (Pembelajaran) 

            Pembelajaran modul 3.3 melengkapi pemahaman saya bahwa program yang dirancang dan dibuat harus memuat contents voice/suara, choice/pilihan dan ownership/kepemilikan murid. Membuat program yang berdampak pada siswa dilakukan melalui alokasi yang tepat dari sumber daya/peluang yang dimiliki oleh sekolah. Pemetaan aset yang benar memudahkan pengoptimalan program agar berjalan dengan lancar dan, tentu saja, membantu meminimalkan hambatan. Optimalisasi aset yang tepat tentu akan memudahkan terwujudnya visi dan misi sekolah.

Pada modul 3.3 ini juga menambah pengetahuan CGP dalam mengelola program yang mempengaruhi siswa melalui strategi MELR (Monitoring, Evaluation, Learning and Reporting). Selain itu, kami juga diajarkan pentingnya pemanfaatan berbagai aset dan keterlibatan unsur-unsur sekolah terutama murid dalam rencana program yang dibuat. Berbagai materi dalam modul 3.3 ini juga berguna untuk memitigasi risiko pelaksanaan program yang berdampak pada murid di SD Negeri 1 Mlowokarangtalun. Pembelajaran dalam modul 3.3 merupakan poin yang harus dimiliki oleh kepala sekolah agar lebih kreatif, inovatif dan sinergis untuk mengembangkan sumber daya yang ada di sekolah. Program yang dikelola dengan baik mempengaruhi kemandirian belajar dan tentunya menghasilkan siswa yang memiliki profil pelajar Pancasila. 

 4.Future (Penerapan) 

Rencana ke depan dengan berbagai materi yang telah saya peroleh, sebagai CGP merasa perlu untuk membagikan kepada rekan kerja dan menerapkan apa yang telah saya pelajari selama menempuh pendididkan guru penggerak angkatan 8 dalam praktik kepemimpinan dan pembelajaran sehar-hari di sekolah. Dalam penyusunan program yang direncanakan, haru selalu memperhatikan contents voice/suara, choice/pilihan dan ownership/kepemilikan murid.

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 PDF

Semoga sedikit refkesi mengenai pembelajaran modul 3.3 yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Akhirnya saya mengucapkan Salam dan Bahagia.

“Guru Penggerak Indonesia, … Tergerak-Bergerak-Menggerakkan!”

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 CANVA

0 comments:

Posting Komentar

Profil

Foto saya
Grobogan, Jawa Tengah, Indonesia
Saya, Tri Adi Susanto adalah seorang Kepala Sekolah di SD Negeri 1 Mlowokarangtalun Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan