JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.3
PENGELOLAAN PROGRAM BERDAMPAK POSITIF
oleh:
Tri Adi Susanto
CGP Angkatan 8 Kelas A
Kabupaten Grobogan
1.Facts (Peristiwa)
Kegiatan pembelajaran modul 3.3 dimulai pada 9
Oktober 2023 pada alur mulai dari diri dan eksplorasi konsep. Dalam modul ini,
saya mempelajari materi tentang menyusun sebuah program yang berdampak positif
pada murid, cara menumbuhkan student agency (kepemimpinan murid) dengan suara (voice),
pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid, lingkungan
yang mendukung tumbuh kembang kepemimpinan murid, serta pentingnya melibatkan
komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid. Selanjutnya pada
tanggal 11 Oktober 2023 masuk di eksplorasi konsep -- Forum Diskusi. Di sini
setiap kelompok mendeskripsikan prgogram yang disepakati pada diskusi kelompok
masing-masing pada LMS, yang selanjutnya ditanggapi oleh kelompok lain.
Tanggapan yang diberikan bisa berupa penambahan hal-hal yang terlewat maupun
menanyakan lebih detail mengenai program kegiatan.
Pada tanggal 13 Oktober 2023 masuk dalam aktivitas
ruang kolaborasi 1 untuk berdiskusi program dengan kelompok masing-masing bersama
fasilitator Ibu Titin Ika Mahmudah, dan ruang kolaborasi 2 pada tanggal 16 Oktober
2023 bersama rekan rekan CGP dipandu oleh fasilitator kami, untuk
melakukan presentasi program masing-masing kelompok dan saling memberikan
masukan. Pembelajaran berlanjut dengan Refleksi Terbimbing dan Demonstrasi
Kontekstual. Demonstrasi kontekstual merupakan rancangan program yang berdampak
pada murid dengan menggunakan pemenuhan tahapan BAGJA.
Untuk lebih mendalami materi mengenai modul 3.3
yaitu tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid kegiatan
pembelajaran dilanjutkan pada alur Elaborasi Pemahaman. Pada kegiatan ini
setiap CGP mendapatkan penguatan dari Instruktur untuk lebih memahami materi
tersebut dengan baik. Selain itu, saya juga berdiskusi dengan rekan-rekan CGP
yang ada di sekolah saya untuk memperkuat pengetahuan saya mengenai materi di
modul 3.3 ini. Setiap CGP diminta untuk membuat sebuah program secara individu
yang dapat dilaksanakan di sekolah masing-masing untuk dipraktikkan dalam aksi
nyata di akhir modul 3.3.
2.Feelings (Perasaan)
Perasaan saya saat mempelajari modul ini yaitu senang
sekaligus haru. Perasaan senang ini karena meskipun banyak tugas yang harus
dikerjakan, saya memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru yang bermanfaat dan
Puji Tuhan, dapat terselesaikan dengan baik sebelum batas akhir pengumpulan
tugas. Saya berupaya akan adanya perubahan sebagai guru sebelum dan sesudah
mengikuti PGP walaupun ke depannya tugas sebagai Guru Penggerak sangatlah luar
biasa yaitu untuk mengimplementasikan Pengelolaan Program yang Berdampak pada
Murid. Adapun hal yang mengharukan yaitu dalam sesi vicon terakhir kami dengan
Fasilitator kami yaitu Ibu Titin Ika Mahmudah yang selama kami menjalani
program guru penggerak selalu sabar dan juga telaten membimbing kami dalam memberi
pengarahan dalam mengerjakan tugas-tugas di LMS. Meskipun pertemuan hanya
melalui tatap maya atau vicon lewat aplikasi g-meet sehingga belum pernah bertemu dengan beliaunya secara
langsung, namun kedekatan kami layaknnya mendapat mentor yang selalu
mendampingi selama 6 bulan lebih dalam pendidikan guru penggerak angkatan 8.
Rasa haru karena kegiatan modul 3.3 ini merupakan kegiatan akhir dan modul
penutup sehingga harus berakhir mengucapkan kata perpisahan.
3.Findings (Pembelajaran)
Pembelajaran
modul 3.3 melengkapi pemahaman saya bahwa program yang dirancang dan dibuat
harus memuat contents voice/suara, choice/pilihan dan ownership/kepemilikan
murid. Membuat program yang berdampak pada siswa dilakukan melalui alokasi yang
tepat dari sumber daya/peluang yang dimiliki oleh sekolah. Pemetaan aset yang
benar memudahkan pengoptimalan program agar berjalan dengan lancar dan, tentu
saja, membantu meminimalkan hambatan. Optimalisasi aset yang tepat tentu akan
memudahkan terwujudnya visi dan misi sekolah.
Pada modul 3.3 ini juga menambah pengetahuan
CGP dalam mengelola program yang mempengaruhi siswa melalui strategi MELR
(Monitoring, Evaluation, Learning and Reporting). Selain itu, kami juga
diajarkan pentingnya pemanfaatan berbagai aset dan keterlibatan unsur-unsur
sekolah terutama murid dalam rencana program yang dibuat. Berbagai materi dalam
modul 3.3 ini juga berguna untuk memitigasi risiko pelaksanaan program yang
berdampak pada murid di SD Negeri 1 Mlowokarangtalun. Pembelajaran dalam modul
3.3 merupakan poin yang harus dimiliki oleh kepala sekolah agar lebih kreatif,
inovatif dan sinergis untuk mengembangkan sumber daya yang ada di sekolah.
Program yang dikelola dengan baik mempengaruhi kemandirian belajar dan tentunya
menghasilkan siswa yang memiliki profil pelajar Pancasila.
4.Future (Penerapan)
Rencana ke depan dengan berbagai materi yang telah saya peroleh, sebagai CGP merasa perlu untuk membagikan kepada rekan kerja dan menerapkan apa yang telah saya pelajari selama menempuh pendididkan guru penggerak angkatan 8 dalam praktik kepemimpinan dan pembelajaran sehar-hari di sekolah. Dalam penyusunan program yang direncanakan, haru selalu memperhatikan contents voice/suara, choice/pilihan dan ownership/kepemilikan murid.
Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 PDF
Semoga sedikit refkesi mengenai pembelajaran modul
3.3 yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Akhirnya saya
mengucapkan Salam dan Bahagia.
“Guru Penggerak Indonesia, …
Tergerak-Bergerak-Menggerakkan!”
0 comments:
Posting Komentar