Visi Guru Penggerak
JUMAT, 30 Juni 2023
Hasil refleksi yang telah saya lakukan sebagai berikut:
1. Facts (Peristiwa)
Dalam kegiatan Modul 1.3 dimulai dengan tugas bagi
setiap Calon Guru Penggerak (CGP) untuk membuat visi guru penggerak Dalam tugas
tersebut, saya mendapatkan pemanaman berharga bahwa seorang guru penggerak
harus memiliki visi yang jelas terhadap muridnya. Melalui sebuah gambar/lukisan
kita membayangkan dan memiliki murid-murid yang seperti apa di masa depan.
Tentunya mengidamkan murid murid yang mampu memiliki karakter yang baik selain
memiliki kompetensi yang sesuai harapan.
Selanjutnya, Pada minggu ke-3 bulan Juni, saya mulai
mempelajari materi saya memulai pembelajaran modul 1.3 yang membahas mengenai
materi visi guru penggerak, yaitu Mulai dari Diri - Modul 1.3 dan Eksplorasi
Konsep -Modul 1.3 secara mandiri. Pada modul ini CGP diarahkan dapat merumuskan
visinya sebagai guru penggerak yang mengacu pada profil pelajar Pancasila. Di
materi eksplorasi konsep belajar banyak mengenai memahami pentingnya visi yang
berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam
pendidikan.
Selanjutnya, saya juga belajar memahami mengenai manajemen
perubahan dengan polapikir positif melalui pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA).
Saya belajar tentang tahapan BAGJA yaitu Buatpertanyaan, Ambil pelajaran,
Galimimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi. Kemudian
kegiatan dilanjutkan pada Eksplorasi Konsep Modul 1.3 -Berbagi Visi Murid
Impian dan Eksplorasi Konsep Modul 1.3, yaitu Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri
Apresiatif, CGP saling menanggapi dan mengomentari pendapat teman lain dan
menyampaikan pertanyaan serta menyampaikan kesimpulan mengenai Inkuiri
Apresiatif.
Pada hari Senin, 19 Juni 2023, saya menghadiri Ruang
Kolaborasi Modul1.3 - Pernyataan prakarsa perubahan di Kelas A : pada pukul 12.15
- 14.30 WIB bersama Kelas A. Saya masuk dalam Kelompok A2 bersama Bambang
Triyanto, Dwi Widiyono, Tri Puji Lestari dan Lenny Verawati. Ruang Kolaborasi dilaksanakan
secara daring melalui Vcon dengan tautan G-meeting yang dipandu oleh
Fasilitator Ibu Titik Ika Mahmudah dan didampingi oleh Pengajar Praktik Bapak
Pujito.
Fasilitator memberikan kesempatan kepada tiap
kelompok untuk berdiskusi menyusun rencana BAGJA dari kalimat prakarsa perubahan
sebagai bentuk pengejawantahan dari visi yang mempertimbangkan Profil Pelajar
Pancasila, aset, dan operasionalisasi pencapaiannya.
Pada hari Selasa, 20 Juni 2022 pukul 15.00-17.15
saya mengikuti Ruang Kolaborasi Modul 1.3 -Presentasi dan Umpan Balik. Dalam
kegiatan sesi ini kami mempresentasikan hasil diskusi di hari sebelumnya dan saling
memberikan umpan balik atas visi dengan kelompok 2, pdi sini dibahas mengenai pernyataan
prakarsa perubahan, dan rencana BAGJA yang dihasilkan kelompok 2 kepada kelompok
1 dan sebaliknya.
Pada hari Rabu, 20 Juni 2022 juga saya mengunggah Tugas Ruang Kolaborasi - Modul 1.3 di LMS. Tugas tersebut dapat dilihat pada Tugas Presentasi Kelompok 2 di Ruang Kolaborasi.
Untuk tugas 1.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.3, saya memaparkan mengenai diminta membuat rancangan tindakan perubahan berdasarkan tahapan B-A-G-J-A untuk mulai melakukan perubahan pada diri sendiri sehingga semakin berdaya dalam berpihak pada murid. CGP diminta untuk menemukan potensi dan kekuatan, juga hal baru dalam diri yang dapat membawa manfaat untuk murid. Tagihan ini saya unggah pada hari Kamis, 20 June 2023, pukul 10:31. Unggahan ini dapat dilihat di chanel youtube saya: https://www.youtube.com/watch?v=rZwael5tFWY .
Di hari Sabtu, 25 Juni 2023 kami mengikuti kegiatan
Lokakarya 1 yang dilaksanakan di SMA N 1 Grobogan di dampingi oleh pengajar
praktik Bapak Pujito dari pukul 08.00 s.d. 15.15 dan masuk ke kelas E. Di sini
kami menggali pemahaman mengenai kepemimpinan dalam diri, komunitas praktisi
dan peran guru penggerak dalam menggerakkan komunitas praktisi.
Pada hari ini juga, saya mengunggah tagihan
mengenai 1.3.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.3. Di sini, CGP memaparkan
kaitan materi-materi yang telah dipelajari dan materi lain yang relevan ke
dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan paradigma dan model inkuiri
apresiatif. CGP juga merumuskan dengan penuh keyakinan, visi yang telah
Bapak/Ibu buat berdasarkan jawaban pertanyaan diatas, ke dalam sebuah VISI yang
membuat CGP bersemangat ketika membacanya, dan menggerakkan hati setiap orang
yang membaca. Untuk chanel youtube mengenai koneksi antarmateri dapat dilihat
di: https://youtu.be/UvfyELcR0xo .
Selanjutnya pada kegiatan 1.3.a.7.1. Elaborasi
Pemahaman Modul 1.3 - Prakarsa Perubahan Diri di ruang room melalui G-meet kami
mendapat materi dari Instruktur yang menyampaikan mengenai bagaimana mengeksekusi
BAGJA di diri, kelas dan sekolah dan memahami pentingnya prakarsa perubahan
diri yang lekat dengan visi, profil pelajar pancasila, dan aset yang telah
dimiliki. Kami mengikuti kegiatan ini bersama Instruktur Bapak Saraswati selama
180 Menit pada hari Senin, 26 Juni 2023.
2. Feeling (Perasaan)
Selama kurang lebih dua minggu, banyak sekali hal
yang saya rasakan. Perasaan senang, resah, galau, bahagia, semua campur aduk dengan
harapan dan keinginan kuat untuk dapat menyelesaikan Program Pendidikan Guru
Penggerak angkatan 8 ini. Keseluruhan perasaan tersebut saya pastilah juga serupa
dengan apa yang dialami oleh murid-murid saya ketika mengikuti pembelajaran di
sekolah.
Perasaan saya selama pada tahap mempelajari modul
1.3 tentang Visi Guru Penggerak ini bersemangat dalam mengikuti Pendidikan Guru
Penggerak. Walaupun kadang risau karena cukup banyak tagihan yang harus
dielesaikan. Namun mudah-mudahan saya juga bersemangat dalam menerapkan dan
menjalankan visi dan menjalankan rencana perubahan yang sudah saya rumuskan
sehingga tidak hanya program saja. Semangat dan motivasi ini dapat membuat
positif dalam menjalankan prakarsa perubahan sehingga visi dapat terwujud.
3. Findings (Pembelajaran)
Dari pembelajaran pada modul 1.3. ini saya mendapatkan
pemahaman tentang
Setelah mempelajari modul 1.3 ini saya dapat
mengetahui bahwadalam memimpin perubahan positif harus berpikir strategi
danmemahami inquiri apresiatif sebagai paradigma. Tahapan BAGJAmerupakan model
manajemen perubahan yang merupakanakronim dari B-uat pertanyaan utama, A-mbil
pelajaran, G-ali mimpi, J-abarkan rencana, dan A-tur eksekusi sebagai
terjemahan bebas yang diambil dari model 5D dan merupakan bagian dari inkuiri
apresiatif yaitu: (Define, Discover,
Dream, Design, Deliver). Dalam menyusun BAGJA dapat melalui Amati, Tiru,
dan Modifikasi (ATM).
Kami memiliki pemahaman bahwa untuk melakukan
perubahan yang positif tidak harus bermula dengan mengidentifikasi permasalahan
yang ada, namun kita fokuskan pada
kekuatan apa yangtelah kita miliki sehingga pemikiran kita diarahkan kearah
yang positif. Selain itu saya juga dapat merumuskan visi guru penggerak, merumuskan
prakarsa perubahan, dan menyusun tahapan BAGJA.
4. Future (Penerapan)
Setelah menyelesaikan modul 1. tentang Visi Guru
Penggerak, saya akan berusaha menerapkan
danmewujudkan visi yaitu: "MEWUJUDKAN MURID YANG MAMPU MENGEMBANGKAN BAKAT
MINAT DAN POTENSI YANG DIMILIKI BERLANDASKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR
PANCASILA". Penjabaran visi tersebut saya tuangkan dalam prakarsa perubahan
yang saya rumuskan yaitu "Strategi mengembangkan bakat minat dan potensi
murid SDN 1 Mlowokarangtalun melalui penggalian pada bidang seni (lukis, tari,
dan menyanyi)"."
Penerapan prakarsa perubahan yang saya rencanakan sesuai dengan alur BAGJA, dengan membuat pertanyaan bertahap dari alur BAGJA tersebut. Saya juga akan melakukan pembelajaran yang berpihak pada murid dan melakukan pembelajaran mengerti kebutuhan murid serta disertai dengan rasa aman dan nyaman pada didri murid. Saya juga akan terus berinovasi dalam mengembangkan ide/gagasan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, saya berkolaborasi dengan rekan sejawat dan pihak sekolah untuk mewujudkan visi dan prakarsa perubahan yang saya rumuskan sebagai guru penggerak.
0 comments:
Posting Komentar