Just another free Blogger theme

"Ajar ilmu saking kamardikaning ati" di BLOGNYA Mas Tri Adi Susanto CGP 08

KEGIATAN PENDIDIKAN GURU PENGGERAK

  • Lokakarya
  • Pendampingan Individu
          JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3
                                       Visi Guru Penggerak

JUMAT, 30 Juni 2023

Hasil refleksi yang telah saya lakukan sebagai berikut:

1. Facts (Peristiwa)

Dalam kegiatan Modul 1.3 dimulai dengan tugas bagi setiap Calon Guru Penggerak (CGP) untuk membuat visi guru penggerak Dalam tugas tersebut, saya mendapatkan pemanaman berharga bahwa seorang guru penggerak harus memiliki visi yang jelas terhadap muridnya. Melalui sebuah gambar/lukisan kita membayangkan dan memiliki murid-murid yang seperti apa di masa depan. Tentunya mengidamkan murid murid yang mampu memiliki karakter yang baik selain memiliki kompetensi yang sesuai harapan.

 

Selanjutnya, Pada minggu ke-3 bulan Juni, saya mulai mempelajari materi saya memulai pembelajaran modul 1.3 yang membahas mengenai materi visi guru penggerak, yaitu Mulai dari Diri - Modul 1.3 dan Eksplorasi Konsep -Modul 1.3 secara mandiri. Pada modul ini CGP diarahkan dapat merumuskan visinya sebagai guru penggerak yang mengacu pada profil pelajar Pancasila. Di materi eksplorasi konsep belajar banyak mengenai memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendidikan.

 

Selanjutnya, saya juga belajar memahami mengenai manajemen perubahan dengan polapikir positif melalui pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA). Saya belajar tentang tahapan BAGJA yaitu  Buatpertanyaan, Ambil pelajaran,

Galimimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi. Kemudian kegiatan dilanjutkan pada Eksplorasi Konsep Modul 1.3 -Berbagi Visi Murid Impian dan Eksplorasi Konsep Modul 1.3, yaitu Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif, CGP saling menanggapi dan mengomentari pendapat teman lain dan menyampaikan pertanyaan serta menyampaikan kesimpulan mengenai Inkuiri Apresiatif.

 

Pada hari Senin, 19 Juni 2023, saya menghadiri Ruang Kolaborasi Modul1.3 - Pernyataan prakarsa perubahan di Kelas A : pada pukul 12.15 - 14.30 WIB bersama Kelas A. Saya masuk dalam Kelompok A2 bersama Bambang Triyanto, Dwi Widiyono, Tri Puji Lestari dan Lenny Verawati. Ruang Kolaborasi dilaksanakan secara daring melalui Vcon dengan tautan G-meeting yang dipandu oleh Fasilitator Ibu Titik Ika Mahmudah dan didampingi oleh Pengajar Praktik Bapak Pujito.

Fasilitator memberikan kesempatan kepada tiap kelompok untuk berdiskusi menyusun rencana BAGJA dari kalimat prakarsa perubahan sebagai bentuk pengejawantahan dari visi yang mempertimbangkan Profil Pelajar Pancasila, aset, dan operasionalisasi pencapaiannya.

Pada hari Selasa, 20 Juni 2022 pukul 15.00-17.15 saya mengikuti Ruang Kolaborasi Modul 1.3 -Presentasi dan Umpan Balik. Dalam kegiatan sesi ini kami mempresentasikan hasil diskusi di hari sebelumnya dan saling memberikan umpan balik atas visi dengan kelompok 2, pdi sini dibahas mengenai pernyataan prakarsa perubahan, dan rencana BAGJA yang dihasilkan kelompok 2 kepada kelompok 1 dan sebaliknya.

Pada hari Rabu, 20 Juni 2022 juga saya mengunggah Tugas Ruang Kolaborasi - Modul 1.3 di LMS. Tugas tersebut dapat dilihat pada Tugas Presentasi Kelompok 2 di Ruang Kolaborasi.

Untuk tugas 1.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.3, saya memaparkan mengenai diminta membuat rancangan tindakan perubahan berdasarkan tahapan B-A-G-J-A untuk mulai melakukan perubahan pada diri sendiri sehingga semakin berdaya dalam berpihak pada murid. CGP diminta untuk menemukan potensi dan kekuatan, juga hal baru dalam diri yang dapat membawa manfaat untuk murid. Tagihan ini saya unggah pada hari Kamis, 20 June 2023, pukul 10:31. Unggahan ini dapat dilihat di chanel youtube saya: https://www.youtube.com/watch?v=rZwael5tFWY .

Di hari Sabtu, 25 Juni 2023 kami mengikuti kegiatan Lokakarya 1 yang dilaksanakan di SMA N 1 Grobogan di dampingi oleh pengajar praktik Bapak Pujito dari pukul 08.00 s.d. 15.15 dan masuk ke kelas E. Di sini kami menggali pemahaman mengenai kepemimpinan dalam diri, komunitas praktisi dan peran guru penggerak dalam menggerakkan komunitas praktisi.

Pada hari ini juga, saya mengunggah tagihan mengenai 1.3.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.3. Di sini, CGP memaparkan kaitan materi-materi yang telah dipelajari dan materi lain yang relevan ke dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan paradigma dan model inkuiri apresiatif. CGP juga merumuskan dengan penuh keyakinan, visi yang telah Bapak/Ibu buat berdasarkan jawaban pertanyaan diatas, ke dalam sebuah VISI yang membuat CGP bersemangat ketika membacanya, dan menggerakkan hati setiap orang yang membaca. Untuk chanel youtube mengenai koneksi antarmateri dapat dilihat di: https://youtu.be/UvfyELcR0xo .

Selanjutnya pada kegiatan 1.3.a.7.1. Elaborasi Pemahaman Modul 1.3 - Prakarsa Perubahan Diri di ruang room melalui G-meet kami mendapat materi dari Instruktur yang menyampaikan mengenai bagaimana mengeksekusi BAGJA di diri, kelas dan sekolah dan memahami pentingnya prakarsa perubahan diri yang lekat dengan visi, profil pelajar pancasila, dan aset yang telah dimiliki. Kami mengikuti kegiatan ini bersama Instruktur Bapak Saraswati selama 180 Menit pada hari Senin, 26 Juni 2023.

 

2. Feeling (Perasaan)

Selama kurang lebih dua minggu, banyak sekali hal yang saya rasakan. Perasaan senang, resah, galau, bahagia, semua campur aduk dengan harapan dan keinginan kuat untuk dapat menyelesaikan Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 8 ini. Keseluruhan perasaan tersebut saya pastilah juga serupa dengan apa yang dialami oleh murid-murid saya ketika mengikuti pembelajaran di sekolah.

Perasaan saya selama pada tahap mempelajari modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak ini bersemangat dalam mengikuti Pendidikan Guru Penggerak. Walaupun kadang risau karena cukup banyak tagihan yang harus dielesaikan. Namun mudah-mudahan saya juga bersemangat dalam menerapkan dan menjalankan visi dan menjalankan rencana perubahan yang sudah saya rumuskan sehingga tidak hanya program saja. Semangat dan motivasi ini dapat membuat positif dalam menjalankan prakarsa perubahan sehingga visi dapat terwujud.

 

3. Findings (Pembelajaran)

Dari pembelajaran pada modul 1.3. ini saya mendapatkan pemahaman tentang

Setelah mempelajari modul 1.3 ini saya dapat mengetahui bahwadalam memimpin perubahan positif harus berpikir strategi danmemahami inquiri apresiatif sebagai paradigma. Tahapan BAGJAmerupakan model manajemen perubahan yang merupakanakronim dari B-uat pertanyaan utama, A-mbil pelajaran, G-ali mimpi, J-abarkan rencana, dan A-tur eksekusi sebagai terjemahan bebas yang diambil dari model 5D dan merupakan bagian dari inkuiri apresiatif yaitu: (Define, Discover, Dream, Design, Deliver). Dalam menyusun BAGJA dapat melalui Amati, Tiru, dan Modifikasi (ATM).

Kami memiliki pemahaman bahwa untuk melakukan perubahan yang positif tidak harus bermula dengan mengidentifikasi permasalahan yang  ada, namun kita fokuskan pada kekuatan apa yangtelah kita miliki sehingga pemikiran kita diarahkan kearah yang positif. Selain itu saya juga dapat merumuskan visi guru penggerak, merumuskan prakarsa perubahan, dan menyusun tahapan BAGJA.

 

4. Future (Penerapan)

Setelah menyelesaikan modul 1. tentang Visi Guru Penggerak,  saya akan berusaha menerapkan danmewujudkan visi yaitu: "MEWUJUDKAN MURID YANG MAMPU MENGEMBANGKAN BAKAT MINAT DAN POTENSI YANG DIMILIKI BERLANDASKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA". Penjabaran visi tersebut saya tuangkan dalam prakarsa perubahan yang saya rumuskan yaitu "Strategi mengembangkan bakat minat dan potensi murid SDN 1 Mlowokarangtalun melalui penggalian pada bidang seni (lukis, tari, dan menyanyi)"."

Penerapan prakarsa perubahan yang saya rencanakan sesuai dengan alur BAGJA, dengan membuat pertanyaan bertahap dari alur BAGJA tersebut. Saya juga akan melakukan pembelajaran yang berpihak pada murid dan melakukan pembelajaran mengerti kebutuhan murid serta disertai dengan rasa aman dan nyaman pada didri murid. Saya juga akan terus berinovasi dalam mengembangkan ide/gagasan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, saya berkolaborasi dengan rekan sejawat dan pihak sekolah untuk mewujudkan visi dan prakarsa perubahan yang saya rumuskan sebagai guru penggerak.

Jurnal Refleksi Dwi-Mingguan Modul 1.3

0 comments:

Posting Komentar

Profil

Foto saya
Grobogan, Jawa Tengah, Indonesia
Saya, Tri Adi Susanto adalah seorang Kepala Sekolah di SD Negeri 1 Mlowokarangtalun Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan