1.2.a.5. Ruang Kolaborasi Modul 1.2 - Diskusi Mandiri
Senin, 05 Juni 2023
Tujuan
Pembelajaran Khusus: CGP merancang kegiatan yang memanfaatkan kekuatan
nilai para pihak secara kolaboratif
Diskusi Pembuatan Karya
Setelah mempelajari paparan materi pada bagian ini, Bapak/Ibu telah
menjawab pertanyaan pada forum diskusi tertulis secara individu. Gunakan
pemahaman dan refleksi pribadi Bapak/Ibu pada forum diskusi tertulis itu untuk
berkolaborasi dalam kelompok dan merespon tugas berikut:
Tugas 1. Membuat karya poster/peta pikiran/powerpoint/video
Dalam kelompok, bagaimana saya dapat
berkontribusi dalam merancang SATU kegiatan yang sesuai dengan SATU peran GP
yang kelompok pilih dalam upaya mengkolaborasikan kekuatan nilai yang telah
dimiliki oleh masing-masing rekan dalam kelompok saya? Susunlah gambaran (rancangan) singkat
kegiatan yang berbasis
kekuatan nilai setiap
anggota kelompok.
Usai kerja kelompok, Bapak/Ibu
diajak untuk melakukan refleksi dengan merespon tugas berikut:
Tugas 2. Refleksi
Siapa (1 orang) rekan dalam
kelompok saya di Ruang Kolaborasi yang menurut saya sudah memiliki satu nilai
yang saya masih perlu kembangkan?. Apakah nilai itu?. Dan mengapa itu penting
untuk saya dan proses kolaborasi kelompok?. Tuliskan dalam bentuk surat terimakasih dan apresiatif pada
rekan tersebut (untuk nantinya dikirimkan melalui aplikasi pesan singkat).
Tenggat waktu pengumpulan tugas sesuai jadwal
yang telah ditentukan. Selanjutnya Bapak/Ibu akan mengikuti sesi
pertemuan tatap maya bersama kelompok untuk mempresentasikan hasil kolaborasi
(2JP) Anda di depan
kelompok lain dan fasilitator. Karya yang Anda buat akan dinilai berdasarkan rubrik di
bawah ini. Selamat berkolaborasi!
Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual pada
Kelas B : 12.30 - 14.45 WIB
Kelas A : 15.15 - 17.30 WIB
Kegiatan diskusi ini tergabung pada kelompok 2, yang terdiri atas:
- Tri Adi Susanto
- Siti Yulianti
- Renyta Ika Wahyuni
- Lidiya Murtiningsih
NILAI GURU PENGGERAK
- Tri Adi Susanto: Inovatif
- Siti Yulianti : Mandiri
- Renyta Ika Wahyuni : Kolaboratif
- Lidiya Murtiningsih: Berpihak pada Murid
PERAN GURU PENGGERAK:
1. Menjadi Pemimpin Pembelajaran2. Menggerakkan Komunitas Praktisi3. Menjadi Coach bagi Guru Lain4. Mendorong Kolaborasi Antar Guru5. Mewujudkan Kepemimpin Murid
Refleksi kegiatan:
0 comments:
Posting Komentar